Untuk Pasang Iklan disini, silahkan hubungi kami di : 0895-0204-5858 (WA / admin : Den Mas) - Ikuti kami di : YouTube : www.youtube.com/c/NetizenWord --- IG : netizenword --- Snack Video : netizen_word --- Tik Tok : @netizen_word

HUT Bhayangkara ke-76, Transformasi Setapak Menuju Polri yang Presisi

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) hari ini tepat berusia 76 tahun. Selama itu, sudah banyak hal yang dilakukan Polri. Khusus HUT Bhayangkara ke-76, kali ini membahas kinerja Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal Sigit sudah memimpin Polri selama kurang lebih satu setengah tahun. Dalam perjalanannya, Sigit sudah melakukan banyak hal guna mewujudkan visi yang digunakan yaitu Transformasi menuju Polri yang Presisi, yang merupakan akronim dari kata Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan.

Hal aksi dalam empat transformasi dengan 16 program prioritas, 51 kegiatan 177, dan delapan komitmen. Selama menjadi Kapolri, Sigit pun telah melakukan mewujudkan semangat transformasi Polri yang Presisi dengan memaksimalkan fungsi pokok Polri yang melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Dalam pelaksanaan Transformasi menuju Polri yang Presisi tak melulu bicara soal penegakan hukum. Kapolri pun mengenalkan konsep restorative justice yaitu penyelesaian perkara di luar peradilan.

Dalam rilis akhir tahun 2021, Polri telah merampungkan sebanyak 11.811 perkara melalui restorative justice. Angka ini meningkat sebesar 28,3 persen dibanding tahun 2020, dimana perkara yang diselesaikan melalui restorative justice 9.199 perkara.

Di masa transformasi menuju Presisi, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Kapolri memang menginstruksikan pendekatan-pendekatan secara restoratif keadilan untuk menyelesaikan masalah, khususnya pada kasus-kasus yang dinilai dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

"Karena justru masyarakat menginginkan ini bisa diselesaikan khususnya masalah-masalah kecil. Kalau dihadapkan pada polemik dimana rasa keadilan, khususnya masyarakat harusnya kita bantu," kata Dedi.

"Hanya karena kepastian hukum berjalan, akhirnya muncul memunculkan pandangan yang tidak terkait dengan rasa keadilan yang harus diperjuangkan khususnya masyarakat kecil," sambungnya.

Sepanjang tahun 2021 dan 2022, Polri juga mempunyai tugas penanganan pandemi Covid-19. Dedi menuturkan, Polri melakukan akselerasi percepatan vaksinasi hingga pelosok daerah.

"Sepanjang 2021, capaian vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Polri serta jajarannya hingga tingkat Polsek mencapai 61,24 persen dosis 1 dan 41,46 persen untuk dosis 2," ujarnya.

Kontribusi Polri dalam upaya Pemerintah menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity sebesar 17,73 persen dosis 1 dan 16,79 persen dosis 2.

Polri mencatat pelayanan vaksinasi di tingkat pusat hingga jajaran dengan menggunakan jenis vaksin Sinovac, Astrazeneca, Moderna, Coronavac, Biovac sebanyak lebih dari 30 juta kali kegiatan sepanjang 2021.

Pelayanan ini turut serta membuat Polri meningkatkan fasilitas kesehatan di 52 rumah sakit Bhayangkara. Sehingga rumah-rumah sakit milik Polri mampu merawat pasien Covid-19.

"Dalam upaya vaksinasi selama 2021, Polri memanfaatkan tenaga medis yang terdiri dari 128 dokter, 162 bidan, dan 360 hingga 7.534 vaksinator," katanya.

Berbicara mengenai penegakan hukum, Polri mencatat sepanjang tahun 202, terjadi penurunan laporan kejahatan sebesar 19,3 persen atau 53.360 perkara sepanjang tahun 2021. Sementara itu jumlah kasus yang telah dituntaskan oleh Polri meningkat.

Adapun kejahatan paling dominan sepanjang 2021 adalah kejahatan konvensional. Jumlahnya sebanyak 174.043 perkara atau 79 persen dari seluruh jumlah kejahatan. Bila dibandingkan dengan 2020 yakni sebanyak 199.725 perkara, jumlah kasus kejahatan menurun.

kejahatan transnasional yang terjadi selama 2021 sebanyak 40.562 perkara. Dibanding 2020, kejahatan transnasional di 2021 juga mengalami penurunan dibandingkan sebanyak 45.425 perkara.

Kemudian, pada jenis kejahatan terkait kekayaan negara, Polri menangani 4.018 perkara sepanjang 2021. Jumlah perkara menurun dibanding 2020, yang jumlahnya 4.372 perkara.


Penanganan Terorisme

Masih angka dalam rilis akhir tahun 2021, Polri menyebut jumlah terduga teroris yang ada sepanjang 2021 yakni sebanyak 370 tersangka, atau meningkat sebanyak 138 orang atau setara 42,7 persen dibandingkan dengan 2020.

Dedi menuturkan, pencegahan pencegahan serangan dengan melakukan tindakan sebelum pelaku beraksi jika telah cukup bukti, atau pemogokan preventif. Pencegahan dikedepankan agar tak muncul korban dari aksi teror.

 Meningkatnya jumlah terduga teroris yang ditangkap dari hasil di mana teror sebanyak 7 kasus atau 53,8 persen. Pada 2021, tercatat terjadi 6 aksi teror. Sementara 2020 terdapat 13 aksi terorisme.

Sejumlah operasi juga dilakukan Polri di daerah terkait aksi kelompok bersenjata. Di Papua ada Operasi Satgas Nemangkawi. Sepanjang 2021, sebanyak 27 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) ditangkap. Sementara 26 anggota KKB lainnya menyerahkan diri pada aparat.

Sementara Operasi Madago Raya di Poso tercatat sebanyak 7 teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) ditangkap dan ditindak tegas. Salah satunya adalah Ali Kalora, yang merupakan pimpinan MIT Poso pengganti Santoso.


Komitmen Kesetaraan Gender

Tak hanya mengurusi permasalahan eksternal, Polri juga melakukan transformasi dan pembenahan di internal. Kapolri pun menepati komitmennya untuk mengembangkan karir polisi wanita (polwan). Hal ini sesuai dengan apa yang dijanjikan Sigit saat melakukan fit and proper test calon Kapolri di DPR.

Satu nama perwira tinggi menjadi sorotan dalam mutasi jabatan perdana di awal kepemimpinan Sigit, pada Kamis 19 Februari 2021. Perwira tinggi itu adalah Brigjen Ida Oetari Poernamasari. Ida dipercaya Sigit menduduki jabatan sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Di lingkungan Polda Metro Jaya pun, terdapat 8 polwan yang diberikan kepercayaan menjadi Kapolsek. Polwan dinilai mampu menyelesaikan permasalahan hukum khususnya yang melibatkan anak-anak.

Para polwan diharapkan lebih mampu mengayomi masyarakat demi mencegah terjadinya kejahatan. Polwan diyakini lebih mampu membedakan antara penyakit masyarakat, kenakalan remaja, dan kelompok kriminal.

Polda Maluku juga mengangkat tiga polwan dalam jabatan strategis di tingkat Polsek dan Polres. dekat, promosi ketiga polwan tertuang dalam ST/192/KEP./2022 dan ST/193/KEP./2022.

Dalam surat telegram tersebut tertulis Kompol Helda Misse Siwabessy yang sebelumnya dimiliki oleh Kepala Sub Bagian Pengaduan Masyarakat dan Pengawasan Itwasda Polda Maluku diangkat jadi Wakapolres Seram Bagian Barat.

Kemudian Ipda Sofia Christina Ester Alfons, yang sebelumnya mendapat promosi dari Wakapolsek Baguala sebagai Kapolsek Leihitu Barat.

Selanjutnya adalah AKP Meity Jacobus sebelumnya memiliki Kasat Binmas, ditunjuk dalam jabatan baru Kapolsek Baguala.

Dalam telegram terakhir Kapolri, juga bermunculan nama polwan yang mengumumkan jabatan dan pangkatnya. Rotasi dan mutasi itu tertuang dalam surat telegram No ST/1214/VI/KEP./2022. Sebanyak 120 personel Polri dirotasi.

Dari jumlah yang dirotasi itu, terdapat satu orang Polwan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bintang dua, yaitu Brigjen Juansih. Dia Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Tak hanya Brigjen Juansih, terdapat seorang Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi. Ada pula seorang Polwan yang mendapat promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri, yaitu Kombes Nurul Azizah.

Selain itu, ada AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar. AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes Endang Sri wahyu Utami Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar, dan Kombes Yuliani Kabidkum Polda Banten.

Dedi mengatakan penempatan strategi Polwan di posisi ini merupakan komitmen Kapolri dalam gender.

"Penempatan Polwan merupakan komitmen Bapak Kapolri terhadap gender," kata Dedi.

Dedi mengatakan Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Dia menambahkan kesetaraan gender akan terus diperjuangkan. Oleh karena itu, Dedi mengatakan sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri.

Tak hanya memberikan kesempatan pengembangan karir Polwan. Kapolri juga mengumumkan akan membentuk Direktorat Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Bareskrim Polri. Nantinya, Direktorat ini mayoritas kasus di sini akan ditangani oleh polisi wanita (polwan).

Direktorat Pelayanan Perempuan dan Anak nantinya sebagai organisasi khusus untuk melayani masyarakat dalam hal korban kekerasan perempuan dan anak.

Dalam catatan Polri, kasus-kasus kejahatan terhadap perempuan dan anak sepanjang 2021 yang telah ditangani sebanyak 5.637 dari total 7.059 kasus. Sementara itu, pada kasus kejahatan anak, Polri telah menyelesaikan 2.483 kasus dari total 4.957 kasus.


Rekrutmen SDM

Sepanjang 2021, Polri terus berupaya melakukan terhadap bibit-bibit sumber daya manusia (SDM) unggul melalui jalur rekrutmen pro-aktif (rekpro). Salah satu upaya itu dengan menyaring lulusan pesantren atau santri untuk dijadikan anggota kepolisian.

Sepanjang tahun 2021, ada puluhan santri yang hafal Alquran atau hafiz Alquran direkrut menjadi anggota Polri melalui jalur rekpro.

Polri juga melakukan terhadap 410 personel kepolisian dari suku pedalaman di Indonesia. Kemudian sebanyak 3.500 personel dari Orang Asli Papua (OAP).

Dengan perekrutan OAP, kata dia, Polri memiliki kebutuhan dalam menjalin komunikasi yang baik guna melakukan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Berbagai hal yang dipaparkan adalah sebagian dari langkah Polri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan, pelindungan serta pengayoman terhadap masyarakat. Kapolri mengakui, banyak yang mengatakan bahwa konsep Polri yang Presisi ini adalah sebuah perjalanan panjang.

Ia juga meminta maaf dan meminta masyarakat mengoreksi dan mengkritik Polri agar lebih baik. Terlepas dari semua kekurangan yang dilakukan Polri, Kapolri berkomitmen menjadikan Polri sebagai yang dicintai. Seperti sebuah pepatah klasik 'Perjalanan membangun kilometer selalu dimulai dengan satu langkah'.(hum)


Dikunjungi :



Name

Aceh,1,AHY,2,Air Terjun Coban Drajat,1,Artikel,62,Bakesbang,1,Baksos,20,Bali,12,Balikpapan,1,Balon Laka - Lantas,3,Balon Lebaran,2,Balon Udara,6,Bangkalan,14,Bansos,1,Banten,2,Banyumas,1,Banyuwangi,30,Batu Pirus,1,Baznas,1,Bekasi,2,Bendungan Bendo,1,Berdirinya Madiun,1,Berita,273,Bhayangkari,12,Binrohtal,1,Blitar,15,Blora,1,BLT DD,1,Bojonegoro,19,Bondowoso,16,BPD,1,Brebes,1,Brimob,1,Budaya,3,Bukit Soeharto,1,Burung Langka,1,Cegah Covid-19,140,Cerita Bermakna,21,Cirebon,3,CPNS,1,Cuaca,14,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,DAMRI,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Desa Bancar,5,Desa Gondowido,1,Desa Koripan,1,Desa Membangun,1,Desa Nongkodono,1,Dewan,37,Dewan Pers,2,Dinas Perkim,1,Dompet Dhuafa,1,DPR RI,2,DPRD,1,DPRD Ponorogo,1,Dunia Spiritual,7,Ekonomi,35,Erupsi Semeru,9,Fenomena Alam,7,Giat,309,GPDRR,1,Grebeg Suro,4,Gresik,35,H. Ipong Muchlissoni,2,Hari Santri,1,Hj. Sri Wahyuni,3,Hoegeng Award,1,Hukum,1,IKN,2,INCAR,1,Info kesehatan,23,IPHI,1,IPSI,1,Iptek,11,Jakarta,28,Jambi,1,Jatim,155,Javanese Spiritual,12,Jawa Barat,1,Jawa Tengah,3,Jejak Spiritual,11,Jember,26,Jombang,12,JTI,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,KalTim,2,Kampung Kertoembo,1,Kampung Pancasila,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kamtibmas,1,Kapolri,137,Kasus,146,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Kediri,16,Kediri Kota,7,Keris,10,Kesehatan,7,Kinemaster,1,Kodim 0802/Ponorogo,34,Kodim 0803/Madiun,1,Kompolnas RI,1,Konawe Sulawesi Tenggara,1,KOTEKA,1,KPU,1,Kue Klepon,1,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,15,Lamongan,19,Lasmini,1,Lebaran 2022,8,Lumajang,25,Madiun,63,Madiun Kota,20,Magetan,13,Malang,28,Malang Kota,24,Maluku,1,Media Siber,1,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Mojokerto,27,Mojokerto Kota,12,Mudik 2022,7,Narkoba,30,Nataru,1,Nawacita,2,Netizen Jatim,1,Nganjuk,16,Ngawi,22,NTB,2,NTT,2,NU,1,Olah raga,13,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,7,Ops Ketupat,1,Ops Lilin,4,Ops Semeru,3,Ops Yustisi,20,Orang Meninggal,14,Outomotif,1,Pacitan,10,Palembang,1,Pamekasan,14,Papua,4,Partai NasDem,2,Pasuruan,22,Pati,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pemerintahan,2,Pemilu 2024,1,Pendidikan,14,Penemuan,7,Peristiwa,105,Pertanian,9,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,15,Pilkades,6,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,175,Polda NTB,1,Polres,185,Polres Batu,32,Polres Madiun,11,Polres Madiun Kota,66,Polres Magetan,1,Polres Malang,4,Polres Nganjuk,4,Polres Ngawi,46,Polres Ponorogo,312,Polres Sukorejo,1,Polres Sumenep,1,Polresta,2,Polri,470,Polsej Padas,1,Polsek Babadan,9,Polsek Badegan,9,Polsek Balong,5,Polsek Bungkal,4,Polsek Jambon,3,Polsek Jetis,1,Polsek Jiwan,2,Polsek Jogorogo,2,Polsek Karangjati,2,Polsek Kartoharjo,2,Polsek Kauman,2,Polsek Kedunggalar,3,Polsek Mlarak,12,Polsek Ngebel,2,Polsek Ngerambe,1,Polsek Ngrambe,11,Polsek Ngrayun,13,Polsek Padas,1,Polsek Pangkur,1,Polsek Paron,4,Polsek Pitu,1,Polsek Ponorogo,6,Polsek Pudak,1,Polsek Pulung,18,Polsek Sambit,3,Polsek Sampung,3,Polsek Sawahan,1,Polsek Sawoo,3,Polsek Siman,18,Polsek Sine,3,Polsek Slahung,12,Polsek Sooko,25,Polsek Sukorejo,21,Polsek Sumoroto,6,Polsek Taman,1,Polsek Widodaren,1,Polwan,9,Ponorogo,316,PPWI,1,Presiden Joko Widodo,5,Probolinggo,39,Program PTSL,1,PSHT,7,PSHT Pusat Madiun,2,Publik,23,Puncak Jaya,238,Rekor MURI,1,Religi,12,Resnarkoba,1,Reyog,2,Riau,3,S.Sos,1,Sampang,14,Satlantas,28,Satpol PP,3,Sejarah,146,Semarang,3,Sidoarjo,19,Situbondo,10,SMKN 2 Ponorogo,1,Srambang Park,2,Sugiri Sancoko,1,Sumatera Selatan,1,Sumenep,9,Surabaya,77,Tanaman Bermanfaat,30,Tips Bermanfaat,7,Titik Nol,2,TNI,95,Tokoh,43,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,11,Tuban,5,Tulungagung,11,Umum,10,UNESCO,1,Vaksinasi,113,Virus Corona,20,Waduk Bendo,1,Wayang,7,Wisata Daerah,63,Wisata Religi,18,WTP,1,Yogyakarta,2,
ltr
item
Netizen Word: HUT Bhayangkara ke-76, Transformasi Setapak Menuju Polri yang Presisi
HUT Bhayangkara ke-76, Transformasi Setapak Menuju Polri yang Presisi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFHnkUiEPRR4VZ4Pnj5B7ucb3L3wxfdiJykHvjoetb7Cn94uG0YbLOyMPu4ubopsAQUUrXNUaHniGzqr4sg8y6GtRqz4XJL52aRiCQBdqtxoKjZt8nHktJbf-fpa11eF0GV1Euh-Bi4iN2q24lFr7wq54R1vQpsaPg7y3YwZ5_ixDGnohebWaPAa3ZLw/s320/IMG-20220701-WA0022.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFHnkUiEPRR4VZ4Pnj5B7ucb3L3wxfdiJykHvjoetb7Cn94uG0YbLOyMPu4ubopsAQUUrXNUaHniGzqr4sg8y6GtRqz4XJL52aRiCQBdqtxoKjZt8nHktJbf-fpa11eF0GV1Euh-Bi4iN2q24lFr7wq54R1vQpsaPg7y3YwZ5_ixDGnohebWaPAa3ZLw/s72-c/IMG-20220701-WA0022.jpg
Netizen Word
https://www.netizenword.com/2022/07/hut-bhayangkara-ke-76-transformasi.html
https://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2022/07/hut-bhayangkara-ke-76-transformasi.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy