Kunjungi juga channel youtube kami di : www.youtube.com/netizenword - Berbagi keindahan alam indonesia - Jangan lupa untuk : Like, Subscribe, Koment dan Share Video, agar berkembang Channelnya, bisa memberi informasi baru dan bermanfaat untuk kita semua, tentang keindahan alam Indonesia --------- Kunjungi juga channel youtube kami di : www.youtube.com/netizenword - Berbagi keindahan alam indonesia - Jangan lupa untuk : Like, Subscribe, Koment dan Share Video, agar berkembang Channelnya, bisa memberi informasi baru dan bermanfaat untuk kita semua, tentang keindahan alam Indonesia --------- Kunjungi juga channel youtube kami di : www.youtube.com/netizenword - Berbagi keindahan alam indonesia - Jangan lupa untuk : Like, Subscribe, Koment dan Share Video, agar berkembang Channelnya, bisa memberi informasi baru dan bermanfaat untuk kita semua, tentang keindahan alam Indonesia

Pedoman Media Siber

Kemerdekaan, kebebasan berekspresi, dan kebebasan adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan, kebebasan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus yang memungkinkan manajemen dapat digunakan secara profesional, memenuhi persyaratan, hak, dan kewajibannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut :

1. Ruang Lingkup
Sebuah. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan-kegiatan jurnalistik, dan juga merikapi Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditentukan Dewan Pers. berisi Buatan Pengguna (Konten Buatan Pengguna) adalah konten yang dibuat dan digunakan oleh pengguna media, lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk yang melekat pada media, seperti blog, forum, komentar pembaca atau visual, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita
Sebuah. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi. b. Berita yang dapat melakukan interaksi dengan orang lain pada berita yang sama untuk mengisi prinsip akurasi dan keberimbangan. c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
1) Berita benar-benar mengandung minat publik yang bersifat mendesak;
2) Sumber berita yang pertama adalah yang paling jelas identitasnya, kredibel dan kompeten;
3) Subyek berita yang tidak bisa dipelajari dan tidak dapat diwawancarai;
4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih lebih banyak lagi yang perlu diupayakan dalam waktu yang dibutuhkan.

Penjelasan ini Membuang pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media Wajib meloloskan, dan setelah verifikasi, hasil verifikasi pada berita pemutakhiran (update) dengan memuat pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (Konten Buatan Pengguna)
Sebuah. Persyaratan Penggunaan Media dan Persyaratan Isi Isi Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi Layanan dan melakukan proses login terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan masuk akan lebih jelas.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang meminta:
1) Tidak jalan isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
2) Tidak mengandung isi prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), juga mengemuka tindakan kekerasan;
3) Tidak memiliki kontrasepsi dan bahasa, dan tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan untuk menggunakan atau isi. e. Media siber Kewajiban menyediakan pengurai yang baik. Ini harus digunakan di tempat yang mudah diakses pengguna. f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan. Masing-masing, sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima. g. Media yang telah memiliki ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan. h.

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
Sebuah. Ralat, Tekst, dan hak jawab pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers. b. Ralat, Konfigurasi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberikan hak jawab. c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab Wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan hak hak jawab tersebut.
d. Jika media berita berita siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
1) Tanggung jawab media siber membuat berita terbatas pada berita yang membahas media atau media yang berada di bawah otoritas teknisnya;
2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
3) Media yang mendistribusikanluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi hukum denda hukuman banyak Rp.500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita
Sebuah. Berita yang sudah ada tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau pengangkatan lain yang ditentukan Dewan Pers. b. Media siber lain tugasrep pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut. c. Pencabutan berita wajib dengan alasan pencabutan dan disampaikan kepada publik.

6. Iklan
Sebuah. Media siber Wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan. b. Setiap berita / artikel / isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan nama 'advertorial', 'iklan', 'iklan', 'disponsori', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita / artikel / isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta
Hak cipta dan hak cipta yang ada dalam peraturan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman
Media siber kewajiban mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa
Penyusunan akhir pekan Informasi Pedoman Pemberitaan Media Siber ini Disusun oleh Dewan Pers.


Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini disiarkan oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).
Name

Aceh,1,Artikel,62,Baksos,19,Bali,1,Balon Laka - Lantas,3,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Bangkalan,7,Banyuwangi,7,Bendungan Bendo,1,Berita,262,Bhayangkari,10,Binrohtal,1,Blitar,3,BLT DD,1,Bojonegoro,4,Bondowoso,1,BPD,1,Budaya,2,Burung Langka,1,Cegah Covid-19,132,Cerita Bermakna,21,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,14,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Desa Bancar,1,Desa Gondowido,1,Desa Membangun,1,Dewan,33,DPR RI,1,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,31,Fenomena Alam,7,Giat,309,Gresik,25,H. Ipong Muchlissoni,1,Hari Santri,1,Hj. Sri Wahyuni,2,Hukum,1,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,79,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,8,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kapolri,16,Kasus,78,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Kediri,2,Keris,9,Kesehatan,4,Kodim 0802/Ponorogo,8,KOTEKA,1,KPU,1,Kuliner,8,Kunker,1,Laka - Lantas,15,Lamongan,4,Lasmini,1,Lumajang,1,Madiun,49,Magetan,6,Malang,13,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Mojokerto,12,Narkoba,14,Nganjuk,2,NTT,2,Olah raga,8,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,6,Ops Yustisi,14,Orang Meninggal,11,Outomotif,1,Pacitan,5,Pamekasan,2,Papua,2,Partai NasDem,1,Pasuruan,5,Pekanbaru,5,Pembangunan,4,Pendidikan,11,Penemuan,5,Peristiwa,73,Pertanian,6,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,15,Pilkades,4,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,52,Polres,168,Polres Batu,8,Polres Ponorogo,109,Polres Sukorejo,1,Polresta,1,Polri,378,Polsek Balong,1,Polsek Bungkal,1,Polsek Jambon,1,Polsek Mlarak,2,Polsek Ngrayun,3,Polsek Ponorogo,1,Polsek Pulung,2,Polsek Sawoo,1,Polsek Siman,8,Polsek Slahung,3,Polsek Sooko,6,Polsek Sukorejo,11,Ponorogo,293,Presiden Joko Widodo,1,Probolinggo,4,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,23,Puncak Jaya,107,Rekor MURI,1,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,S.Sos,1,Sampang,5,Satlantas,5,Satpol PP,3,Sejarah,142,Sidoarjo,1,Situbondo,2,Sugiri Sancoko,1,Sumenep,4,Surabaya,1,Tanaman Bermanfaat,30,Tips Bermanfaat,7,TNI,87,Tokoh,43,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,2,Tulungagung,4,Umum,10,Vaksinasi,46,Virus Corona,20,Waduk Bendo,1,Wayang,8,Wisata Daerah,53,Wisata Religi,18,
ltr
static_page
Netizen Word: Pedoman Media Siber
Pedoman Media Siber
Netizen Word
https://www.netizenword.com/p/pedoman-media-siber.html
https://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/p/pedoman-media-siber.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy