--> Polo Pendem ( Umbi-Umbian ) Khasiat dan Manfaatnya Bagi Tubuh | Netizen Word
🌐 NETIZEN WORD - Berbagi Untuk Anda || merupakan PlatForm digital, cocok untuk anda yang suka dan hobby menulis, Mendidik para generasi muda dalam pembuatan konten - konten positif || 🌐 Medsos : @netizenword (Fanspage/Fb, IG, YouTube)

Polo Pendem ( Umbi-Umbian ) Khasiat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Ubi-ubian atau jenis Umbi, dalam bahasa jawa atau lokal masyarakat menyebut dengan istilah Polo Pendem merupakan berbagai jenis bahan makanan khas nusantara yang cukup dikenal oleh masyarakat khususnya masyarakat jawa, makanan ini diperoleh dari segala jenis akar atau umbi-umbian.

Banyak sekali akar dari umbi-umbian yang bisa dijadikan sebagai makanan dan ternyata setelah dilakukan banyak penelitian di era modern banyak sekali jenis bahan makanan yang berasal dari umbi-umbian ini tergolong bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Umbi-umbian jenis polo pendem ini  memiliki berbagai bentuk, warna serta rasa yang beraneka ragam namun perbedaan tersebut bukan menjadi persoalan dalam hal pengaruh terhadap kesehatan tubuh karena kandungan gizi maupun nutrisi dari hampir semua jenis makanan polo pendem memang sangat baik bagi tubuh.

Bahan makanan yang berasal dari jenis polo pendem dapat di olah dengan mudah seperti di rebus, di kukus, di goreng bahkan di jadikan keripik. Begitu pula dengan rasanya, jenis bahan  makanan polo pendem yang di olah secara modern, kini juga tidak kalah dengan makanan-makanan modern lainnya bahkan kini sudah banyak industri makanan modern yang berbahan baku dari jenis umbi-umbian polo pendem yang dijadikan makanan ringan seperti keripik singkong, kentang, talas, gadung dan lain sebagainya.

Makanan jenis umbi-umbian jenis polo pendem ini pada kisaran tahun 1960 juga sempat  menjadi bahan makanan pokok hampir di seluruh wilayah nusantara karena pada kisaran tahun tersebut bahan makanan pokok beras langka karena diserang oleh berbagai hama tikus sehingga bahan makanan pokok masyarakat berubah dari beras menjadi umbi-umbian seperti ketela atau singkong, garut, gembili, tales, ganyong dan lain sebagainya.

Sementara pada era modern makanan jenis umbi-umbian ini banyak di kesampingkan sehingga bahan makanan yang cukup baik ini tidak lagi dibudidayakan oleh masyarakat atau petani, sehingga jenis bahan makanan ini kini beralih dari bahan makanan pokok menjadi makanan camilan.

Polo pendem selain dikenal sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan  tubuh namun sayangnya jenis makanan ini sekarang dikategorikan sebagai makanan kelas dua sehingga kurang diminati oleh masyarakat padahal umbi-umbian juga menjadi potensi sebagai pengganti tepung terigu.

Oleh karena itu budidaya polo pendem kalau ditangani secara serius oleh pihak yang memiliki kebijakan tentu akan menjadikan jenis makanan ini menjadi bahan makanan modern yang cukup memiliki nilai ekonomis dan tidak lagi menjadi jenis makanan kelas dua.

Bagi sebagian besar masyarakat jawa, memang masih menjadikan polo pendem sebagai bahan makanan yang disajikan pada saat upacara adat sehingga polo pendem masih dibutuhkan oleh masyarakat jawa sehingga tanaman jenis umbi-umbian ini sebagian masih banyak dijumpai di kebun atau pekarangan rumah penduduk walaupun tidak sebanyak pada zaman nenek moyang.

Adapun jenis bahan makanan dari polo pendem yang masih ada di pekarangan atau perkebunan masyarakat jawa antara lain saat ini adalah :

1. Ubi jalar kuning
2. Ubi jalar putih
3. Ubi jalar ungu
4. Ketela atau singkong
5. Ubi talas
6. Gembili
7. Garut
8. Ganyong
9. Uwi
10. Suwek
11. Kacang tanah
12. Bentol
13. Kentang
14. Gadung
15. Bengkoang

Semua jenis makanan diatas bisa langsung di masak cukup hanya dengan di rebus maupun di kukus namun khusus untuk ubi gadung  tidak bisa dikonsumsi hanya dengan di rebus maupun di kukus karena ubi gadung mengandung racun yang cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi hanya dengan direbus atau di kukus saja namun membutuhkan pengolahan secara khusus sebelum dimakan.
Oleh karena itu khusus ubi gadung biasanya tidak disertakan sebagai sajian bahan makanan ritual.

Ubi gadung agar bisa dimakan dengan aman biasanya di proses terlebih dahulu sebelum di sajikan sebagai bahan makanan, adapun cara mengolahnya secara sederhana agar kandungan racunnya hilang adalah ubi gadung di kupas terlebih dahulu sampai kulitnya benar-benar bersih kemudian di iris tipis-tipis dan direndam minimal 15 jam, lalu irisan tersebut di jemur pada terik matahari sampai kering dengan ditaburi abu dapur, setelah kering irisan ubi gadung masih harus dibersihkan dari abu dapur dengan air garam hingga bersih kemudian di jemur lagi hingga kering, setelah kering ubi gadung baru bisa di goreng.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi modern yang mengakui akan manfaat dari keripik ubi gadung bagi kesehatan tubuh kini banyak industri makanan camilan yang berbahan baku dari ubi gadung yang memproduksi secara industri dan banyak dijual di pasaran, baik yang masih mentah maupun yang sudah di goreng di pasar tradisional maupun super maket.

Selain keripik gadung, bahan makanan dari polo pendem yang banyak beredar di pasaran antara lain keripik singkong atau ketela, keripik kentang, keripik talas, keripik gembili, keripik suwek dan lain sebagainya.

Makna filosofi polo pendem bagi masyarakat jawa
Masyarakat jawa yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang, dalam menyajikan bahan makanan pada upacara ritual selalu menyediakan bahan makanan polo pendem karena bahan makanan ini diyakini akan memberikan berkah serta makna hidup di dunia, antara lain :

1. Bagi masyarakat jawa, tanah yang dipijak merupakan sesuatu yang sangat sakral karena dari dalam tanah manusia bisa mengambil makanan untuk hidup.
2. Masyarakat jawa menghormati tanah karena tanah merupakan asal muasal kehidupan manusia sehingga makanan yang langsung berasal dari dalam tanah juga harus dihargai.

3. Makna dari berbagai nama dari polo pendem bagi masyarakat jawa memiliki filosofi kehidupan, seperti Telo Kaspe memiliki makna "Netheli barang sing olo" dan "karepe sepi ing pamrih" artinya nama ketela itu diartikan sebagai meninggalkan sesuatu kebiasaan yang jelek dan kaspe diartikan sebagai berbuat sesuatu yang baik namun tanpa pamrih.

4. Dengan mengkonsumsi polo pendem bagi masyarakat jawa dimaksudkan untuk memberikan pelajaran bagi generasi penerus agar bisa menerapkan pola hidup sederhana atau ngirit dengan memanfaatkan sesuatu yang ada dilingkungannya termasuk bahan makanan.

Filosofi masyarakat jawa ini kalau dicermati sangat bermakna karena dengan memanfaatkan pekarangan rumah saja sudah bisa hidup dengan tenang dan jauh dari hiruk pikuk keserakahan duniawi, kemudian yang terpenting adalah bisa hidup dengan nyaman karena makanan yang dimakan jauh dari pestisida maupun obat kimia lain sebagaimana dalam makanan modern yang sebenarnya membahayakan pada kesehatan tubuh.

Namun sebagai sajian ritual adat jawa polo pendem masih dilengkapi dengan berbagai bahan makanan lain seperti jagung rebus, pisang rebus, kedelai rebus, serta berbagai buah dari tanaman merambat lain seperti buah katak serta buah lokal lain yang terdapat di wilayahnya seperti buah pisang, buah pepaya, buah waluh dan lain sebagainya.

Sebagai bahan makanan alami polo pendem tentu sangat aman dikonsumsi kecuali ubi gadung sebagaimana di atas. Masyarakat jawa yang masih rutin mengkonsumsi polo pendem dan jarang mengkonsumsi makanan modern justru nampak sehat dan jarang terdengar menderita penyakit kronis seperti kanker, diabetes, stroke dan penyakit berat lainnya.

Hal ini setelah dilakukan penelitian secara seksama ternyata kebiasaan mengkonsumsi makanan jenis polo pendem secara langsung baik dengan direbus maupun di kukus ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit kronis modern.

Mudah-mudahan pola hidup nenek moyang jawa ini memberikan inspirasi kepada anak cucunya untuk kembali menghargai bahan makanan yang banyak tumbuh disekitar rumah yang ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga metabolisme kesehatan tubuh dan tentu jenis makanan polo pendem kalau harus di beli pun harganya masih relatif lebih murah dibandingkan dengan berbagai jenis bahan makanan yang di olah dengan cara modern.

👁️‍🗨️ Dibaca :


📊 Post Terbaru Lainnya...$type=carousel



💫 Info RAMADHAN$type=carousel

🧿 S O R O T A N$type=carousel

⚖️ HUKUM$type=carousel


Nama

1 Abad PSHT,1,501,1,Aceh,1,AHY,3,Air Bersih,1,Air Terjun Coban Drajat,1,AJI,1,AMSI,1,Andi Raya,1,Angkung,1,Anies Baswedan,1,APDI,1,Artikel,63,Bakesbang,1,Baksos,65,Bali,20,Balikpapan,1,Balon Laka - Lantas,3,Balon Lebaran,3,Balon Udara,17,Bandung,3,Bangkalan,21,Bangkinang,1,Banjarmasin,1,Banjir,17,Bansos,17,Banten,3,Banyumas,1,Banyuwangi,47,Batik,1,Batu,1,Batu Aquamarine,1,Batu Pirus,1,Bawaslu,11,Baznas,3,BBM,1,Bedah Rumah,5,Bekasi,2,BEM,2,Bendungan Bendo,1,Berbagi,2,Berdirinya Madiun,1,Berit,1,Berita,449,Bhayangkari,34,Binrohtal,1,Bitung,1,Blitar,28,Blora,3,BLT DD,1,BNPT,1,Bojonegoro,35,Bondowoso,41,Boyolali,1,BPD,2,Bpjs,1,BPN,6,BPS,1,BPSDM,1,Brebes,2,Brimob,7,Buah Matoa,1,Budaya,20,Bukit Cumbri,1,Bukit Soeharto,1,Bullying,4,Burung Langka,1,Cegah Covid-19,141,Cerita Bermakna,21,Cirebon,3,Cooling System,34,CPNS,1,Cuaca,18,Curanmor,1,Daerah,7,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,DAMRI,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,DBD,2,Dekopin,1,Demak,3,Denpasar,1,Depok,1,Desa Bancar,6,Desa Bersinar,1,Desa Bogem,1,Desa Bogoarum,1,Desa Carangrejo,1,Desa Geplak,1,Desa Ginuk,1,Desa Gondowido,1,Desa Jatigembol,1,Desa Karangpatihan,1,Desa Kertobanyon,1,Desa Koripan,1,Desa Kranggan,1,Desa Manuk,1,Desa Membangun,1,Desa Nongkodono,1,Desa Pager,1,Desa Purwosari,1,Desa Turi,1,Desa Wayang,1,Dewan,64,Dewan Pers,5,Dewi Srikandhi,1,Dinas Perkim,1,Dompet Dhuafa,1,Donor Darah,4,DPC Partai Perindo Madiun Kota,1,DPD RI,1,DPR RI,5,DPRD,12,DPRD Kota Madiun,2,DPRD Ponorogo,7,Drumband,1,Dunia Spiritual,7,Duta Lalu Lintas,1,Ekonomi,55,Elektronik,1,Erupsi Semeru,9,Fenomena Alam,7,FLS2N,1,G20,2,Ganjar Pranowo,1,Gas Elpiji,2,Giat,310,Gontor Ponorogo,1,GPDRR,1,Grebeg Mulud,1,Grebeg Suro,7,Gresik,49,H. Ipong Muchlissoni,4,H. Muhtarom S.Sos,1,Hardiknas,1,Hari Amal Bhakti Kemenag,1,Hari Anak Nasional,1,Hari Bhayangkara,24,Hari Bumi,1,Hari Buruh,5,Hari Gizi Nasional,1,Hari Ibu,1,Hari Ikan Nasional,1,Hari Nusantara,1,Hari Santri,2,Hari Tari Sedunia,1,Hari Valentine,1,Harkopnas,1,Harlah Pancasila,2,Hj. Sri Wahyuni,5,HKN,2,Hoegeng Award,1,HPN 2020,1,HPN 2023,1,HPN 2024,7,HSN,1,Hukum,10,HUT RI,3,IKN,3,IKS PI,1,Imlek,1,IMO,7,Imunisasi,2,INCAR,1,Inda Raya,19,Info kesehatan,24,Intan Jaya,52,IPHI,1,IPSI,1,Iptek,20,IPW,1,Jajanan Daerah,4,Jakarta,76,Jambi,1,jate,1,Jateng,3,Jatim,223,Javanese Spiritual,12,Jawa Barat,2,Jawa Tengah,5,Jayapura,5,Jejak Spiritual,11,Jemaah Haji,2,Jember,48,JLS,2,Jombang,22,JTI,1,Jum'at Berkah,2,Jum'at Bersih,3,Jum'at Curhat,58,Kabar-kabari,3,Kabupaten Lengkap,1,Kabupaten ODF,1,Kahupaten Prnajam Paser,1,KAI Daop 7 Madiun,1,Kajari,1,Kalimantan Barat,1,KalTim,3,Kampar,1,Kampung KB,1,Kampung Kertoembo,1,Kampung Pancasila,1,Kampung Tangguh Semeru,5,Kamtibmas,129,Kantor Imigrasi Ponorogo,1,Kapolri,227,Karanganyar,1,Kasus,557,KDRT,1,Keamanan,20,Kebakaran,7,Kebangsaan,1,Kebersihan,6,Kec. Sampung,1,Kecamatan Bungkal,3,Kecamatan Kegunggalar,1,Kecamatan Pulung,1,Kecamatan Siman,1,Kecamatan Sukomoro,1,Kediri,25,Kediri Kota,17,Kekeringan,10,Kemenhan,1,Kependudukan,1,Kereta Api,1,Keris,11,Kesehatan,42,KI Award,1,Kinemaster,1,Kirab Merah Putih,2,KJJT,1,KKD,2,Knalpot Brong,3,Kodim 0802/Ponorogo,157,Kodim 0803/Madiun,1,Kodim 0804/Magetan,4,Kominfo,10,Kompolnas RI,5,Konawe Sulawesi Tenggara,1,Kopwan,2,KOSTI,1,Kota Blitar,5,Kota Kreatif Dunia,1,Kota Magelang,2,Kota Semarang,2,Kota Tegal,1,KOTEKA,1,KPPS,5,KPU,34,KSPPS BMT Halaqoh,1,KTT ASEAN,10,Kue Klepon,1,Kuliner,14,Kunker,1,KWP,1,Labuan Bajo,5,Laka - Lantas,15,Lamongan,34,Landak,1,Lanny Jaya,1,Lasmini,1,LAZISNU,3,Lebanon,15,Lebaran 2022,8,Lebaran 2023,15,Lebaran 2024,26,Lemhannas RI,1,Literasi Digital,5,Lumajang,35,Madiun,80,Madiun Kota,69,Magetan,83,Mahfud MD,2,MAHUPIKI,3,Makan Gratis,1,Makasar,1,Malang,61,Malang Kota,64,Maluku,1,Manokwari Selatan,1,Masjid Kuncen,1,Media Siber,1,Medsos,1,Merauke,1,Miras,5,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Mojokerto,48,Mojokerto Kota,27,Monumen Reog Ponorogo,1,Mudik 2022,7,Mudik 2023,34,Mudik 2024,8,MUI,2,Musdes,2,Museum Mpu Tantular,1,Museum Reog,1,Narkoba,83,Nasional,5,Natal,10,Nataru,12,Nawacita,2,Netizen Jatim,1,Nganjuk,25,Ngawi,36,NTB,2,NTT,3,NU,3,OKK,1,Olah raga,46,OMB,4,Ombudsman,1,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,7,Ops Aman Suro,1,Ops Ketupat,19,Ops Lilin,20,Ops Pekat,2,Ops Semeru,22,Ops Yustisi,20,Orang Meninggal,26,Outomotif,1,Pacitan,14,Palembang,1,Pamekasan,21,Pangan,29,Papua,49,Papua Barat,2,Papua Tengah,41,Partai Demokrat,1,Partai Gelora,1,Partai Gerindra,3,Partai Golkar,2,Partai NasDem,5,Partai PKB,1,Pasuruan,34,Pasuruan Kota,6,Pati,2,Pawitandirogo,1,PBB,1,PBVSI,1,PCC,1,PDI Perjuangan,2,Pegunungan Bintang,2,Pekanbaru,7,Pembangunan,33,Pemerintahan,12,Pemilu 2024,83,Pendidikan,86,Penemuan,8,Penghijauan,6,Penghijuan,1,PEPABRI,1,Perang Sarung,4,Peristiwa,227,Perlombaan,1,Pertanian,31,Perwosi,1,Pesilat Cilik,1,Pesona Indonesiaku,30,Petasan,15,Photo News,1,Pilkada,16,Pilkades,18,Pilsek Nawangan,1,Pisang Goreng,1,PKK Akademia,1,PKS Ponorogo,1,Platform Digital,3,PMII,3,PNS,1,Pokdarwis,1,Polda Banten,1,Polda Jateng,39,Polda Jatim,475,Polda NTB,1,Polda Sumbar,2,Polda Sumut,2,Polio,1,Polisi RW,23,Politeknik Negeri Madiun,1,Politik,2,Polres,185,Polres Balitung,1,Polres Bangkalan,36,Polres Banyuwangi,41,Polres Batu,55,Polres Blitar,15,Polres Blitar Kota,16,Polres Bojonegoro,30,Polres Bondowoso,40,Polres Gresik,22,Polres Jember,66,Polres Jombang,20,Polres Kampar,1,Polres Kediri,18,Polres Kediri Kota,44,Polres Kendal,1,Polres Kota Probolinggo,9,Polres Lamongan,31,Polres Landak,47,Polres Lumajang,31,Polres Madiun,24,Polres Madiun Kota,98,Polres Magetan,127,Polres Malang,91,Polres malang Kota,86,Polres Mojokerto,29,Polres Mojokerto Kota,17,Polres Nganjuk,31,Polres Ngawi,139,Polres Pacitan,21,Polres Pamekasan,28,Polres Pasuruan,21,Polres Pasuruan Kota,14,Polres Pekalongan,2,Polres Pekanbaru,1,Polres Ponorogo,678,Polres Probolinggo,43,Polres Puncak Jaya,61,Polres Purbalingga,1,Polres Salatiga,1,Polres Sampang,14,Polres Sidoarjo,13,Polres Situbondo,66,Polres Sragen,1,Polres Sukorejo,2,Polres Sumenep,20,Polres Tanjung Perak,42,Polres Tegal,1,Polres Torut,1,Polres Trenggalek,22,Polres Tuban,30,Polres Tulungagung,61,Polres Wonogiri,1,Polresta,2,Polresta Banyumas,6,Polresta Banyuwangi,5,Polresta Sidoarjo,28,Polrestabes Surabaya,75,Polri,641,Polsej Padas,1,Polsek Air Besar,76,Polsek Babadan,16,Polsek Badegan,20,Polsek Balong,20,Polsek Bungkal,6,Polsek Jambon,10,Polsek Jenangan,10,Polsek Jetis,2,Polsek Jiwan,2,Polsek Jogorogo,3,Polsek Karangjati,2,Polsek Kartoharjo,2,Polsek Kauman,2,Polsek Kedunggalar,3,Polsek Mlarak,24,Polsek Ngebel,9,Polsek Ngerambe,1,Polsek Ngrambe,11,Polsek Ngrayun,26,Polsek Padas,1,Polsek Pangkur,1,Polsek Paron,4,Polsek Pitu,1,Polsek Plaosan,1,Polsek Ponorogo,22,Polsek Pudak,7,Polsek Pulung,44,Polsek Sambit,6,Polsek Sampung,6,Polsek Sawahan,1,Polsek Sawoo,7,Polsek Siman,23,Polsek Sine,4,Polsek Slahung,21,Polsek Sooko,36,Polsek Sukorejo,63,Polsek Sumoroto,18,Polsek Taman,1,Polsek Tandes,1,Polsek Widodaren,2,Polwan,30,Ponorogo,376,Ponorogo Creative Festival,1,Ponpes Temboro,1,Porprov Jatim,1,PP Muhammadiyah,1,PPDB,1,PPK,1,PPWI,1,Prabowo - Gibran,4,Prabowo Subianto,3,Pramuka,1,Presiden Joko Widodo,11,Prestasi,63,Probolinggo,71,Probolinggo Kota,10,Program PTSL,11,PSHT,13,PSHT Pusat Madiun,2,PSHW-TM,2,PSSI,1,PT INKA,4,PTDH,1,Publik,23,Puncak Jaya,538,Pungli,1,Purbalingga,2,PWI,4,PWO Dwipa,1,Ramadhan,90,Rekor MURI,2,Release Akhir Tahun,2,Religi,31,Reog,12,Reog Singo Gemoeling,1,Resnarkoba,3,Reyog,3,Riau,7,Road Race,1,RS Darmayu,1,RS Dr. Sayidiman,1,RSPPN,1,RSUD Dr Harjono,1,RSUD dr Sayidiman,3,Rutan Ponorogo,3,S.Pd,1,S.Sos,1,Sabang,1,Samarinda,1,Sampang,20,Satlantas,68,Satpol PP,4,SBMR,1,Sejarah,154,Semarang,7,Sertijab,5,Service,1,Shalawat Asyghil,1,Sidoarjo,31,Simalungun,1,Sinergitas,1,Situbondo,17,SMK PGRI 1 Wlingi,1,SMK Yosonegoro,1,SMKN 1 Magetan,1,SMKN 2 Ponorogo,1,Sosial,55,SPBE,2,Srambang Park,2,Stunting,2,Sugiri Sancoko,10,Sukabumi,1,Sulsel,1,Sumatera Selatan,1,Sumatera Utara,3,Sumenep,19,Sunarto,1,Supriyanto,2,Surabaya,158,Surakarta,7,Suran Agung,1,Tanah Longsor,1,Tanaman Bermanfaat,32,Tari Massal,1,Tasikmalaya,1,TBC,1,Telaga Ngebel,5,Telaga Sarangan,1,TIK,1,Timika,12,Tingginambut,6,Tips Bermanfaat,7,Titik Nol,2,TK Kartika IV-20 Ponorogo,1,TMMD,5,TNI,275,Tokoh,43,TP PKK,18,TPPO,15,Tradisi,11,Transportasi,1,treng,1,Trenggalek,24,Tuban,6,Tulungagung,34,U-17,9,UCCN,1,UMKM,10,UMM,1,Umum,10,UNESCO,7,Unibraw,1,Universitas Muhammadiyah,1,Utama,3,Vaksinasi,123,Verawaty Thaib SIK,1,Virus Corona,20,Waduk Bendo,1,Wanaartha Life,1,Wayang,7,Wingko,1,Wisata,6,Wisata Daerah,77,Wisata Ponorogo,7,Wisata Religi,19,WTP,2,Yahukimo,8,Yogyakarta,3,Zona Integritas,1,
ltr
item
Netizen Word: Polo Pendem ( Umbi-Umbian ) Khasiat dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Polo Pendem ( Umbi-Umbian ) Khasiat dan Manfaatnya Bagi Tubuh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRsAh0PDu2ku9Haa5FnyFs8COYXM_JGhKU6quyh8wwzmEfAeYMVd1UP_wYXH7btk907v0H3QnTHe54MfwP5KCLIChPyJDcY3U7yCl0jBdhXoWHDSylZpYZ5GRPPoIxcy8RP1Q8Tm2s257f/s1600/IMG-20190820-WA0025.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRsAh0PDu2ku9Haa5FnyFs8COYXM_JGhKU6quyh8wwzmEfAeYMVd1UP_wYXH7btk907v0H3QnTHe54MfwP5KCLIChPyJDcY3U7yCl0jBdhXoWHDSylZpYZ5GRPPoIxcy8RP1Q8Tm2s257f/s72-c/IMG-20190820-WA0025.jpg
Netizen Word
https://www.netizenword.com/2019/08/polo-pendem-umbi-umbian-khasiat-dan.html
https://www.netizenword.com/
https://www.netizenword.com/
https://www.netizenword.com/2019/08/polo-pendem-umbi-umbian-khasiat-dan.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy