Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional

Zulkifli Lubis, Dikenal Sebagai Intelijen Paling Sangar


Meski dijajah sebanyak dua kali oleh Belanda dan Jepang, Indonesia tergolong masih disegani lantaran adanya kekuatan intelijen yang sangat diperhitungkan. Sosok agen rahasia dalam negeri itu, mempunyai peranan besar bagi pada masa perjuangan bangsa Indonesia.

Hasilnya, Tanah Air pun sukses menjadi negara merdeka yang berdaulat penuh. Salah satu tokoh intelijen yang paling dikenal pada saat itu adalah Zulkifli Lubis.

Pria yang telah menjadi agen khusus sejak usia muda itu, merupakan spymaster atau tokoh intelijen paling hebat yang pernah dimiliki Indonesia.

Meski tampangnya tak menyiratkan sosok agen rahasia, sepak terjangnya di lapangan menjadi bukti hingga menyukseskan beberapa kampanye militer Indonesia. Kisah sang maestro intelijen ini sangat menarik untuk disimak.

Putus sekolah dan memilih bergabung dengan militer.

Pada saat itu, Zulkifli Lubis hendak berangkat ke Yogyakarta guna melanjutkan pendidikan AMS-B. Namun sayang, ia hanya sanggup menyelesaikan hingga kelas dua saja karena Jepang keburu datang di Indonesia.

Tentara Dai Nippon pada saat itu langsung menutup segala bentuk pendidikan yang diikuti oleh warga pribumi.

Karena tak ada pilihan lain, Zulkifli Lubis pun akhirnya masuk Seinen Kurenso (tempat latihan pemuda) karena ajakan teman sekolahnya, Pawoko.

Masuk pendidikan intelijen berbekal nasihat dari orang tua.

Di tempatnya yang baru, Zulkifli Lubis menjalani dua bulan latihan semimiliter dan indoktrinasi. Ia pun teringat akan nasihat kedua orang tuannya saat hendak ke Yogyakarta.

"Met de hoed in de hand, komt je in de gang in de wereld" (dengan menghargai orang lain, dunia akan menerimamu) begitu pesan sang Ayah yang seorang Pamongpraja.

Nasihat tersebut amat membekas di Zulkifli muda. Petuah itulah yang menjadi pegangannya hingga ia berhasil menjadi intelijen hebat di Indonesia.

Pendidikan keras agen rahasia Jepang yang menempa Zulkifli Lubis.

Pendidikan Seinen Dojo dibuka pada tahun 1943. Di mana Zulkifli Lubis berusia 19 tahun pada saat itu.

Pelatihan tersebut dipimpin oleh Letnan Yanagawa dan Letnan Marusaki, yang merupakan perwira Beppan (Dinas Intelijen Khusus Tentara ke-16 Angkatan Darat Jepang).
Selama enam bulan, dirinya digembeleng dengan keras dan tanpa ampun.

Zulkifli muda diajari teknik-teknik dasar militer, latihan fisik seperti senam, renang, sumo dan kendo. Tak lupa ilmu pengetahuan seperti bahasa Jepang, sejarah kolonialisme Belanda, dan peristiwa-peristiwa dunia juga diberikan.

Dibidang intelijen, ia mempelajari taktik spionase, kontraintelijen, propaganda, konspirasi, pengintaian, penghubung, dan kamuflase.

Sosok intelijen muda yang kaya akan pengetahuan intelijen.

Tak hanya di Indonesia, perguruan intel Zulkifli Lubis pun terbang hingga ke Malaysia dan Singapura. Di negeri Singa itu, ia dipertemukan dengan Fujiwara Kikan (Badan rahasia Jepang untuk Asia Tenggara).

Ia belajar ilmu intelijen langsung dengan Mayor Ogi, perwira Jepang yang sukses membuat Perancis bertekuk lutut tanpa perang berkat aktivitas spionasenya.

Dari sang Mayor, Zulkili Lubis belajar tentang bagaimana mempengaruhi mental komandan musuh di lapangan. Ia juga mendapat ilmu secara khusus dari Rokugawa, mantan komandan Seinen Dojo yang membawanya ke Singapura.

Sukses melancarkan kampanye militer Indonesia saat melawan Belanda.

Setelah proklamasi berkumandang, Zulkifli Lubis mendapat restu untuk mendirikan Badan Rahasia Negara Indonesia (Brani) pada 7 Mei 1946.

Organisasi tersebut dibentuk sebagai payung satuan-satuan intelijen yang bergerak di bawah para komandan lapangan di seluruh Jawa. Sebagai pendukung, dibentuk pula Field Preperation (FP) di daerah-daerah.
Brani dan FP langsung berada di bawah Presiden Soekarno.

Satuan rahasia itu digunakan sebagai antisipasi menguatnya militer Belanda di Indonesia. Juga melalui BI (Badan Istimewa) yang ia dirikan, Zulkifli Lubis sukses menyelundupkan senjata dari Singapura untuk membantu perjuangan di Kalimantan di bawah pimpinan Mulyono dan Cilik Riwut.

"Jadi, boleh dikatakan, organ intelijenlah yang pertama mengembangkan secara riil beroperasi ke seluruh Indonesia." klaim Lubis, seperti yang dilansir dari historia id.

Begitu besarnya ilmu intelijen yang dimiliki, Zulkifli Lubis patut disebut sebagai bapak intelijen Indonesia.

Meski dididik oleh tenaga asing, ia menggunakan seluruh kemampuannya itu untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sungguh beruntung Indonesia memiliki seorang agen spionase lokal yang tak kalah sangarnya dengan James Bond, si Agen 007 dalam film-film Hollywood.(*)




______________
sumber :  boombastis com
- WIKIPEDIA

Jejak Spiritual$type=complex$count=4

Name

Artikel,62,Baksos,17,Balon Laka - Lantas,2,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Berita,277,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,1,Cegah Covid-19,135,Cerita Bermakna,19,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Dewan,24,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,36,Fenomena Alam,7,Giat,311,Gresik,25,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,46,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,50,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Lalu Lintas,2,Madiun,47,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Narkoba,11,Olah raga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,13,Outomotif,1,Pacitan,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pendidikan,9,Penemuan,5,Peristiwa,62,Pertanian,8,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,17,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,6,Polres,139,Polri,323,Polsek Siman,1,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,1,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,295,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,24,Puncak Jaya,69,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satpol PP,3,Sejarah,135,Sugiri Sancoko,1,Tanaman Bermanfaat,29,Tips Bermanfaat,8,TNI,72,Tokoh,42,TP PKK,12,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Virus Corona,20,Wayang,6,Wisata Daerah,48,Wisata Religi,16,
ltr
item
Netizen Word: Zulkifli Lubis, Dikenal Sebagai Intelijen Paling Sangar
Zulkifli Lubis, Dikenal Sebagai Intelijen Paling Sangar
https://1.bp.blogspot.com/-h4Mk0UCjm1c/XvF6TgtpJSI/AAAAAAAAGg8/IURKLk1sn9UjySV2QTbcpTOOxulY8pY6QCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200623-WA0015.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h4Mk0UCjm1c/XvF6TgtpJSI/AAAAAAAAGg8/IURKLk1sn9UjySV2QTbcpTOOxulY8pY6QCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200623-WA0015.jpg
Netizen Word
http://www.netizenword.com/2020/06/zulkifli-lubis-dikenal-sebagai.html
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/06/zulkifli-lubis-dikenal-sebagai.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy