Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional

7 Langkah Mencegah Penyebaran Virus Corona Disaat New Normal


Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah mulai dilonggarkan pada awal Juni dan akan menerapkan konsep new normal. Dengan ini, aktivitas sektor yang sudah diizinkan beroperasi saat PSBB dapat kembali diteruskan dan akan ada penambahan sektor lain yang beraktivitas secara bertahap, salah satunya perkantoran.

Nah, mau tidak mau, Anda yang mulai kembali bekerja harus memiliki strategi untuk cegah virus corona (Covid-19) di tempat kerja. Lantas, bagaimana cara cegah virus corona di tempat kerja?

Cara cegah virus corona di tempat kerja yang perlu diperhatikan
Jika harus kembali beraktivitas di kantor, Anda perlu mempersiapkan diri untuk cegah virus corona di tempat kerja.

Sebab, seperti yang sudah diketahui bahwa infeksi virus corona ini menular melalui cipratan air liur (droplet) dari seseorang yang terinfeksi mengalami batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui sentuhan dengan permukaan benda yang sudah terkontaminasi virus corona baru atau Covid-19.

Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui cara cegah virus corona di tempat kerja dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor.

Cara cegah virus corona di tempat kerja yang penting adalah memakai masker.
Gunakan masker saat keluar rumah, termasuk saat pergi ke kantor.
Salah satu cara cegah virus corona di tempat kerja yang paling penting adalah dengan selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor.

Ya, pastikan Anda memakai masker dengan cara yang benar mulai dari berangkat kerja sampai tiba lagi di rumah. Penggunaan masker dapat melindungi diri Anda dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara.

Anda dapat membawa masker cadangan selama berada di kantor. Jangan lupa untuk mengganti penggunaan masker setiap beberapa jam sekali.

2. Memastikan area meja kerja dalam kondisi bersih.

Cara cegah virus corona di tempat kerja berikutnya adalah dengan memastikan area meja kerja Anda dalam kondisi bersih.

Anda dapat membersihkan permukaan barang-barang yang berada di atas meja kerja, seperti meja, telepon, keyboard komputer, dan lainnya menggunakan cairan desinfektan secara berkala.

Sebab, virus dapat menular melalui cipratan air liur saat batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda, kemudian disentuh oleh orang lain. Jika tidak dilakukan pembersihan menggunakan desinfektan secara berkala, maka dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

3. Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter.

Untuk cegah virus corona di tempat kerja, sebisa mungkin Anda menerapkan jaga jarak tempat kerja Anda dengan rekan kerja lainnya minimal 1 meter.

Pasalnya, saat ini orang yang telah terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau biasa disebut dengan orang tanpa gejala (OTG) sehingga alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, termasuk saat berada di lingkungan tempat kerja.

Penerapan jaga jarak ini juga berlaku saat pengecekan suhu tubuh dan di dalam lift kantor. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pertemuan sosial di area kantor yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu.

4. Sering mencuci tangan.

Cara cegah virus corona di tempat kerja adalah dengan sering cuci tangan.
Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 menit.
Cara cegah virus corona di tempat kerja yang tak kalah penting adalah sering mencuci tangan. Terutama setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan.

Anda bisa mencuci tangan, menggunakan air mengalir dan sabun. Akan tetapi, jika Anda sulit menemukan akses air mengalir, Anda bisa mencuci tangan dengan cairan pembersih yang mengandung minimal alkohol 60%.

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ataupun cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus yang mungkin terdapat pada permukaan tangan Anda.

Pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 detik.

5. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah bersih.

Cara cegah virus corona di tempat kerja lainnya adalah menghindari sentuh mata, hidung, dan mulut, sampai tangan Anda sudah dalam kondisi bersih. Ini karena selama berada di tempat kerja Anda mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar Anda.

Namun, tanpa disadari, benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penularan virus di tangan Anda.

Nah, saat tangan menyentuh mata, hidung, dan mulut maka virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda jatuh sakit.

6. Menjaga etika kebersihan saat batuk dan bersin.

Jaga etika kebersihan saat batuk dan bersin sebagai cara cegah virus corona di tempat kerja.
Tutup hidung dan mulut menggunakan tisu saat bersin dan batuk.
Saat bersin dan batuk, pastikan Anda menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku bagian dalam.

Cara cegah virus corona di tempat kerja ini dapat melindungi orang lain di sekitar Anda dari berbagai macam virus, seperti flu, pilek, hingga virus corona, yang mungkin keluar melalui percikan cairan dari mulut dan hidung.

7. Jangan pergi ke kantor bila sedang sakit.

Sebaiknya jangan pergi bekerja ke kantor bila Anda sedang sakit. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit Anda ke orang lain.

Jika Anda mengalami demam, batuk, sulit bernapas, atau gejala yang menunjukkan indikasi Covid-19, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain cara cegah virus corona di tempat kerja yang telah disebutkan di atas, penting pula untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti memenuhi asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, serta segera membersihkan diri sesaat tiba di rumah kembali usai bekerja.

Bekerja di kantor saat new normal memang memerlukan persiapan yang maksimal. Jadi, pastikan Anda melakukan cara cegah virus corona di tempat kerja dengan cara-cara di atas. Dengan ini, niscaya Anda dapat terhindar dari penularan Covid-19.(*)






________________
sumber : SehatQ. com

Jejak Spiritual$type=complex$count=4

Name

Artikel,62,Baksos,17,Balon Laka - Lantas,2,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Berita,277,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,1,Cegah Covid-19,135,Cerita Bermakna,19,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Dewan,24,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,36,Fenomena Alam,7,Giat,311,Gresik,25,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,46,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,50,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Lalu Lintas,2,Madiun,47,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Narkoba,11,Olah raga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,13,Outomotif,1,Pacitan,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pendidikan,9,Penemuan,5,Peristiwa,62,Pertanian,8,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,17,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,6,Polres,139,Polri,323,Polsek Siman,1,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,1,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,295,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,24,Puncak Jaya,69,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satpol PP,3,Sejarah,135,Sugiri Sancoko,1,Tanaman Bermanfaat,29,Tips Bermanfaat,8,TNI,72,Tokoh,42,TP PKK,12,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Virus Corona,20,Wayang,6,Wisata Daerah,48,Wisata Religi,16,
ltr
item
Netizen Word: 7 Langkah Mencegah Penyebaran Virus Corona Disaat New Normal
7 Langkah Mencegah Penyebaran Virus Corona Disaat New Normal
https://1.bp.blogspot.com/-3jAfHwfNLts/Xu4DtOxZMAI/AAAAAAAAGes/cc7LGOpDVdgZD6Y9IcM_4J83lS0umPoZQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200620-WA0031.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3jAfHwfNLts/Xu4DtOxZMAI/AAAAAAAAGes/cc7LGOpDVdgZD6Y9IcM_4J83lS0umPoZQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200620-WA0031.jpg
Netizen Word
http://www.netizenword.com/2020/06/7-langkah-mencegah-penyebaran-virus.html
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/06/7-langkah-mencegah-penyebaran-virus.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy