Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional


Meningitis, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya


Dokter Spesialis Saraf di Primaya Hospital Bekasi Timur (nama baru RS Awal Bros), dr Yusi Amalia Sp.S mengataan meningitis adalah infeksi cairan otak disertai peradangan.

"Peradangan mengenai piameter (lapisan dalam selaput otak) dan arachnoid, serta bisa juga mengenai jaringan otak dan medulla spinalis," tutur Yusi, Kamis (9/4/2020).

Ia mengatakan berdasarkan perubahan yang terjadi pada cairan otak, meningitis dibagi menjadi 2 golongan.

"Pertama adalah meningitis serosa. Ini ditandai jumlah protein dan sel yang meningkat disertai cairan serebrospinal yang jernih. Penyebab paling sering adalah kuman TBC dan virus," tuturnya.

Golongan kedua adalah meningitis purulenta atau meningitis bakteri yang bersifat akut. Meningitis purulenta yang paling sering terjadi adalah meningitis meningococcus.

"Penularan dapat terjadi secara kontak langsung dengan penderita, atau droplet infection yaitu terkena percikan ludah, dahak, ingus, cairan bersin dan cairan tenggorok penderita," tambahnya.

Yusi menjelaskan bahwa saluran napas merupakan jalan masuk utama pada penularan penyakit jenis ini. Bakteri disebarkan pada orang lain melalui pertukaran udara dari pernapasan, dan sekresi tenggorokan yang masuk secara hematogen (aliran darah) ke dalam cairan serebrospinal dan memperbanyak diri di dalamnya.

"Sehingga menimbulkan peradangan pada selaput otak dan otak secara keseluruhan," tambah ia.

Gejala meningitis

Dokter Spesialis Saraf dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Rubiana Nurhayati, Sp.S. mengatakan orang yang terkena meningitis punya beberapa gejala umum.

"Antara lain sakit kepala dan demam. Kemudian saat bertambah parah, diikuti oleh turunnya tekanan darah dan bahkan kejang," tutur Rubiana.

Hal itu dibenarkan oleh Yusi. Ia mengatakan, tiga gejala klinis yang menandai kemungkinan meningitis adalah demam, nyeri kepala, dan kaku kuduk.

"Gejala lain bisai berupa penurunan kesadaran atau disorientasi, kejang, nafsu makan menurun, serta mual dan muntah," tambahnya.

Penderita meningitis virus biasanya menunjukkan gejala klinis yang lebih ringan, jarang ditemukan penurunan kesadaran.

"Meningitis virus memiliki prognosis yg jauh lebih baik. Sebagian penderita sembuh dalam 1-2 minggu dan dengan pengobatan yang tepat, sembuh total bisa terjadi," ujar Yusi.

Dalam mendiagnosis meningitis, dapat dilakukan pemeriksaan berupa tes darah, rontgen, CT Scan atau MRI kepala dan lumbal pungsi. Berupa pengambilan cairan otak atau cairan serebrospinal untuk mendiagnosis penyebab terjadinya meningitis pada penderitanya.

"Antara lain sakit kepala dan demam. Kemudian saat bertambah parah, diikuti oleh turunnya tekanan darah dan bahkan kejang," tutur Rubiana kepada Kompas.com.

Hal itu dibenarkan oleh Yusi. Ia mengatakan, tiga gejala klinis yang menandai kemungkinan meningitis adalah demam, nyeri kepala, dan kaku kuduk.

"Gejala lain bisai berupa penurunan kesadaran atau disorientasi, kejang, nafsu makan menurun, serta mual dan muntah," tambah ia.

Penderita meningitis virus biasanya menunjukkan gejala klinis yg lebih ringan, jarang ditemukan penurunan kesadaran.

"Meningitis virus memiliki prognosis yg jauh lebih baik. Sebagian penderita sembuh dalam 1-2 minggu dan dengan pengobatan yang tepat, sembuh total bisa terjadi," ujar Yusi.

Dalam mendiagnosis meningitis, dapat dilakukan pemeriksaan berupa tes darah, rontgen, CT Scan atau MRI kepala dan lumbal pungsi. Berupa pengambilan cairan otak atau cairan serebrospinal untuk mendiagnosis penyebab terjadinya meningitis pada penderita.


Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?
Yusi menyebutkan, apabila mendapati tiga gejala di atas yaitu:
1. Demam
2. Nyeri kepala
3. Kaku kuduk

Maka Anda sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Penanganan meningitis diawali dengan stabilisasi hemodinamik dan pengambilan sampel untuk diagnosis pasti.

Yusi menjelaskan, pemberian obat-obatan disesuaikan dengan gejala yang dirasakan seperti untuk nyeri sakit kepala, anti muntah, dan anti kejang.

"Prognosis meningitis tergantung pada umur, penyebab penyakit, banyaknya organisme dalam selaput otak, jenis meningitis, dan lama penyakit sebelum diberikan antibiotik," tutur Yusi.

Faktor risiko

Yusi menyebutkan meningitis lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan.

“Dan distribusi lebih nyata pada bayi,” lanjut Yusi.

Ia menyebutkan risiko penularan meningitis umumnya terjadi pada keadaan sosio-ekonomi rendah, serta lingkungan yang padat seperti asrama.

"Penyakit ini banyak terjadi di negara berkembang dibandingkan negara maju. Kejadian meningitis dikarenakan virus bisa berhubungan dengan musim," tambahnya.

dr Rubiana menambahkan faktor risiko meningitis sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh dan keganasan bakteri.

"Juga jika ada penyakit lain atau penyakit penyerta, maka faktor risikonya lebih tinggi." Pungkasnya. (Ads/netz)



PILIHAN PEMBACA$type=carousel






JEJAK SPIRITUAL$type=complex$count=4

Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional
Name

Artikel,63,Baksos,18,Balon Laka - Lantas,3,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Bangkalan,2,Bendungan Bendo,1,Berita,258,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,2,Cegah Covid-19,131,Cerita Bermakna,20,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Desa Gondowido,1,Dewan,28,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,29,Fenomena Alam,7,Giat,309,Gresik,24,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,44,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,51,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kodim 0802/Ponorogo,3,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Madiun,49,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Mojokerto,1,Narkoba,10,Olah raga,4,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,11,Outomotif,1,Pacitan,2,Pekanbaru,5,Pembangunan,4,Pendidikan,10,Penemuan,5,Peristiwa,63,Pertanian,5,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,15,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,12,Polres,139,Polres Ponorogo,4,Polri,323,Polsek Bungkal,1,Polsek Pulung,1,Polsek Siman,2,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,2,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,286,Presiden Joko Widodo,1,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,23,Puncak Jaya,70,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satlantas,1,Satpol PP,3,Sejarah,139,Sugiri Sancoko,1,Sumenep,1,Tanaman Bermanfaat,30,Tips Bermanfaat,8,TNI,70,Tokoh,42,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Vaksinasi,6,Virus Corona,20,Waduk Bendo,1,Wayang,8,Wisata Daerah,50,Wisata Religi,17,
ltr
item
Netizen Word: Meningitis, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya
Meningitis, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya
https://1.bp.blogspot.com/-SXFzsUAMIOE/Xo8z_QVrzDI/AAAAAAAAFTg/SYr9nxKKLTI7_h5TysniEzitvxeBqMUIACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200409-WA0061.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SXFzsUAMIOE/Xo8z_QVrzDI/AAAAAAAAFTg/SYr9nxKKLTI7_h5TysniEzitvxeBqMUIACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200409-WA0061.jpg
Netizen Word
http://www.netizenword.com/2020/04/meningitis-kenali-gejala-dan-faktor.html
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/04/meningitis-kenali-gejala-dan-faktor.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy