Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional

Berbagai Amalan Ilmu Hikmah di Kalangan Pesantren Jawa

Masjid Demak.

Pesantren merupakan warisan penyangga tradisi Jawa yang sampai sekarang masih eksis dan berkembang, di sini ada pesantren yang dikenal besar dan mati, tetapi juga ada pesantren baru yang dibuat. Pesantren di kalangan Islam Jawa ini banyak menyumbangkan kader santri dan masyarakat yang mempengaruhi terhadap kondisi budaya bangsa Indonesia.

Kontribusi itu terkait dengan nilai-nilai, pola pemahaman, dan keilmuan ( turat ) yang dikembangkan pesantren, yang kemudian meresap dan menjadi pendorong dalam sikap dan mewujud dalam pemikiran di tengah-tengah masyarakat; pada saat yang sama tetap melestarikan tradisi Jawa; dan menjadi pelestarian komunikasi dengan bahasa Jawa.

Satu hal penting yang dilihat dalam tulisan ini adalah dimensi ijazahan amalan wirid-ilmu hikmah di pesantren, sebagai khazanah pesantren yang jarang dilihat. KBBI tidak memiliki resolusi dari kata ilmu hikmah ini, sambil mendefnisikan kata ilmu: pengetahuan atau kepandaian (tentang masalah duniawi, akhirat, lahir, batin dan sebagiannya). "Rangkaian dari kata ilmu ini, dipindahkan tidak kurang dari 129 kata, misalnya ilmu administrasi, ilmu dalam, ilmu tauhid, dan lain-lain, tetapi tidak ada yang digandeng dengan kata hikmah.

Ilmu hikmah adalah ilmu yang diperoleh dari menjalankan berbagai amalan wirid-wirid dan riyadhoh, dengan menjadikan Alloh sebagai sandaran, sehingga mampu membuat efek-efek dari amalan-amalan itu, dan juga ada khowash-khowash di pakai melalui marifat batin.

Karena tingkat marifat batin berbeda-beda dan bertingkat-tingkat, penguasaan terhadap ilmu hikmah berbeda sesuai dengan tingkat prestasi yang diperoleh sang pengamal dan anugerah yang diberikan Alloh; yang perwujudannya bisa berupa pengobatan, ahli ilmu-ilmu syariat, ahli penumbalan, ahli menggerakkan masyarakat, dan sejenisnya.

Tradisi sains amalan hikmah-tarekat di tengah-tengah pesantren di Jawa, dilihat dari sudut: apa saja amalan-amalan ijazahan kitab-kitab apa saja yang dirujuk di kalangan pesantren dalam soal ilmu hikmah; Mengapa pengamalan ijazahan amalan wirid-ilmu hikmah dan tarekat ini diperlukan seorang guru di pesantren ; dan apa arti pentingnya ijazahan dan ilmu hikmah dan tarekat bagi pesantren dan masyarakat pada zaman sekarang?

Nur Muhammad dan Ilmu Hikmah

Ada dua hal yang ditambahkan di sini, yaitu soal Nur Muhamamd di Jawa dan ilmu hikmah. Tentang nur Muhamamd terkait dengan dua kitab, Daqoqiul Akhbar dan Kitab Maulid. Tentang Daqoiq, telah disetujui di atas, termasuk kitab yang diterima di Jawa. Sementara ilmu hikmah terkait dengan marifat atas khowas-kowash dari amal-amal para wali yang dianugerahkan oleh Alloh; dan aspeknya cukup luas, misalnya tentang penumbalan, tentang penjagaan dari masalah setan dan jin, dan lain-lain.

Nur Muhammad

Sebagian sarjana yang mengkonsentrasikan pada kajian-kajian Jawa, seperti Martin van Bruinessen, membahas di antara buku yang diterjemahkan di pusat-pusat penyebaran Islam sejak awal adalah Syarah fi Daqoiq. Kitab ini dimaksudkannya adalah Daqoiqul Akhbar, yang disusun oleh Imam Abdurrahman bin Ahmad al-Qadhi, adalah kitab yang membahas banyak aspek: peristiwa Ruhul A'zom (Nur Muhammad), peristiwa Adam, malaikat dan sifat-sifatnya, malaikat Izrail, malaikat maut dan cahayanya, dialog malaikat maut dan nyawa yang dicabut, setan dan memecah iman, kehadiran pemanggil, keadaan bumi dan kubur, memaggilnya ruh setelah keluar dari badan, musibah atas diri mayit.

Selain itu Daoqiqjuga membahas: sabar atas musibah, keluarnya ruh atas badan, ada malaikat yang masuk sebelum Munkar dan Nakir, tentang malaikat Kiraman Katibin, ruh yang keluar mendatangi rumah dan kuburnya, sangkakala maut, hari buka dan mahsyar, lihat jugaan perintah Alloh, Alloh pengumpulan sesuatu dari para malaikat, sifat dan kondisi Buraq, tiupan sangkakala untuk perbaikan, penanganan di padang makhsyar, hari kiamat panasnya, hari libur, hari kiamat agung, melayanmgnya buku catatan amalan di hari kiamat, soal timbangan, mizan, kabar dan isinya, pintu-pintu neraka, tentang jahanam, manusia digirim ke neraka, malaikat zabaniyah, ahli neraka dan minumannya, berbagai siksa, situasi peminum arak, yang keluar dari kekacauan, soa surge yang tujuh, pintu-pintu surga, para bidadari, dan keadaan ahli surga.

Tentang Nur Muhammad dalam buku yang membantah: “Telah datang keterangan dalam hadits, sebenarnya Alloh Ta'ala membuat pohon yang memiliki 4 dahan, dan menamakan pohon itu dengan syajaratul yaqin. Kemudian Alloh membuat Nur Muhammad di dalam jilbab dari intan yang putih, seperti umpamanya burung merak, lalu Alloh meletakkan intan di atas pohon itu, lalu intan bertasbih di atas syajarah kira-kira 70.000 tahun. ”

“Kemudian Alloh menciptakan cermin kehidupan, lalu diletakkannya di depan Nur Muhammad yang indah seperti burung merak itu. Ketika Nur Muhamamd itu melihat dirinya di dalam cermin, maka jadi tahulah intan ini akan keelokan rupanya dan kebagusan akhlaknya. Akhirnya Nur Muhamamd malu untuk Alloh Taala, sehingga berkeringat. Keringat itu menetes 6 tetesan. Allohasilkan tetesan pertama Abu Bakar; dan dari tetesan kedua Allohasilkan Umar; dari tetesan tiga buat Utsman; dari tetesan Baru Allohasilkan Ali; dari tetesan menghabiskan Allohasilkan bunga mawar; dan dari tetesan keenam Allohasilkan tanaman padi. ​​"

“Kemudian Nur Muhamamd itu sujud 5 kali, maka jadilah bagi kita wajib sujud lima kali, kefardhuan yang diwaktukan. Alloh mewajibkan 5 sholat untuk Muhammad dan umatnya (melalaui isra mi'roj). Kemudian Alloh melipat Nur Muhamamd sekali lagi, maka Nur Muhammad berkeringatlah karena malu untuk Alloh. Dari keringat hidungnya, Allohasilkan malaikat; dan dari keringat Allohasilkan Arsy, Kursy, Lauh, Qolam, Matahari, Bulan, hijab, beberapa bintang dan sesuatu yang ada di langit ..., ”dan begitu seterusnya.

Jika buku ini dilihat sebagai kitab yang cukup awal dibahas di Jawa di sebelah kitab-kitab akidah lain, seperti Usul 6 Bis atau Samarqandi (maka akan dibicarakan dalam tulisan gabungan), maka sejak awal pula harus dilihat. telah dibaca oleh para penyebar Islam awal, dan diuraikan adalah konsep tentang Nur Muhammad.

Pada masa selanjutnya, buku yang membahas soal Muhammad adalah Kitab Maulid Syarful Anam, dalam himpunan Kitab Maulid , yang oleh Michel Laffan disebut sedang di dunia Islam Asia Tenggara, dan pernah divcetak di Bombay (SIN, 2015: 174); dan tentu saja, para penganut tarekat yangs emakin lama berkembang luas.

Di antara pembahasan soal Nur Muhammad dalam Maulid Syarful Anambegini: "Diriwayatkan dari Nabi Muhamamd shollallohu alaihi wasalam beliau bersabda:" Aku telah menjadi Cahaya di sisi Alloh yang Maha Luhur, sejak 2000 tahun sebelum Adam diciptakan. Cahaya itu senantiasa bertasbih untuk Alloh yang Maha Luhur. Dan malaikat-malaikat mengiringi tasbih-tasbihnya. Ketika Alloh yang Maha Luhur menciptakan Adam, Alloh menyisipkan Cahaya itu ke tanahnya, maka Alloh pun menurunkanku ke bumi melalui sulbi Adam, membawaku dalam bahtera di sulbi Nuh, lalu mulai mencari di sulbi Ibrahim, Sang Kholilulloh, saat ia dihempaskan ke dalam api. Aku terus dipindahkan-Nya, dari satu sulbi ke sulbi suci yang lain, lalu ke rahim suci dan agung, dan akhirnya dikeluarkan, dari kedua orang tua, yang tidak pernah sedikit pun menyeleweng. "

Ilmu Hikmah

Salah satu buah dari marifat adalah Ilmu hikmah, yang mengajarkan ilmu yang digali dari pengertian atas khowas-khowas atau asror amal-amal dan dzikir-dzikir, yang dijalankan melalui riyadhah dan ketekunan, hingga diperoleh anugrah dari Alloh. Dalam tradisi Islam Jawa, tokoh yang sering disetujui dengan ini, di setuju adalah Syaikh Subakir, yang dianggap ahli dalam menumbali tanah Jawa; dan Syaikh Syamsu Jen yang ahli dalam ilmu ngerti sakdurunge winarah, dengan buku yang sering dikutip-kutip bernama Musarar ; dan para wali lain yang memiliki anugerah-anugerah keramat.

Dalam Suluk Lokajaya diceritakan kompilasi brandal Lokajaya mengambil membegal Sunan Bonang, dan Sunan Bonang menggunakan ilmu hikmah, dapat memecah dalam berbagai bentuk, menjadikan Brandal Lokajaya tertunduk dan cocok dengan Sang Sunan, kemudian mau menjadi muridnya. Cerita yang dibaca dalam Babad Tembayat , juga dibaca Keramat di Jabal Kat, kompilasi terkait dengan para penantangnya.

Cerita seperti ini dapat ditemukan juga dalam kasus cerita masuk Islamnya orang-orang Keling melalui wasilah Syarif Hidayatullah. Dalam Perjuangan Wali Sanga Babad Cirebon (PWSBC, hlm. 117-118), diperlukan kompilasi Syarif Hidayatullah.

“Pada saat itu dia hanya berdehem satu kali, dan dengan deheman beliau itu, mereka orang-orang Keling yang menyerang semuanya roboh dan tidak berdaya, pada akhirnya meminta ampun kepada beliau. Beliaupun tidak setuju mengampuni mereka, tetapi dengan persyaratan, mereka harus menerima dia. Akhirnya mereka dapat menerima persyaratan itu dan menyetujui di bawah permintaan beliau. Kemudian mereka disuruhnya membaca dua kalimat syahadat. Setelah mereka semua membaca kalimat syahadat dengan mengerti pula maksudnya, maka mereka semua mengerti perjalanannya ke Cirebon. ”

Pasti banyak juga cerita-cerita lain selain cerita Syarif Hidayatullah, yang berkaitan dengan cerita-cerita adikodrati dalam masuk islamnya orang Jawa. Hal ini memerlukan penjelasan tentang konsep keramat dan karomah, yang diminta dengan amal-amal, dzikir-dzikir, dan khowas-khowas dari amal yang telah dianugerahkan Alloh kepada para pengamalnya. Ilmu-ilmu oleh sebagian besar wali, kemudian dikembangkan melalui sarana-sarana wifiq, rajah-rajah, petungan-petungan, mantra-mantra, dan sejenisnya. Di berbagai kitab, Primbon atau Mujarrobat (sesuatu yang telah terbukti coba coba dan terbukti), banyak pertanyaan soal ini.

Pesantren Orang-orang yang lebih lanjut kemudian diperoleh rujukan-rujukan dari buku yang dibaca oleh orang-orang yang memang serius dan tekun mempelajarinya, kompilasi mesin cetak telah meluas, melalaui karya-karya: al-Aufaq (Al-Ghazali), Syamsul Maarif ( al-Buni), Manba 'Ushulil Hikmah (Al-Buni), Mujarrobat Dairabi , dan lain-lain; dan para ahli tarekat mengembangkan ini di dalam mantra-mantra hizib, yang telah dibuktikan khowas-khowasnya, sekaligus bahaya-bahayanya bagi pemula.(*)




Sumber : ___



Jejak Spiritual$type=complex$count=4

Name

Artikel,62,Baksos,17,Balon Laka - Lantas,2,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Bangkalan,1,Berita,276,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,1,Cegah Covid-19,135,Cerita Bermakna,20,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Dewan,25,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,36,Fenomena Alam,7,Giat,311,Gresik,25,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,48,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,50,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kodim 0802/Ponorogo,2,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Lalu Lintas,2,Madiun,48,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Narkoba,10,Olah raga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,13,Outomotif,1,Pacitan,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pendidikan,9,Penemuan,5,Peristiwa,62,Pertanian,8,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,17,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,8,Polres,139,Polri,324,Polsek Siman,1,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,1,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,295,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,24,Puncak Jaya,69,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satpol PP,3,Sejarah,136,Sugiri Sancoko,1,Sumenep,1,Tanaman Bermanfaat,29,Tips Bermanfaat,8,TNI,72,Tokoh,42,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Virus Corona,20,Wayang,7,Wisata Daerah,48,Wisata Religi,16,
ltr
item
Netizen Word: Berbagai Amalan Ilmu Hikmah di Kalangan Pesantren Jawa
Berbagai Amalan Ilmu Hikmah di Kalangan Pesantren Jawa
https://1.bp.blogspot.com/-wvr-GDMp-5s/XmzwgoTeT0I/AAAAAAAAE2k/8zhn7Ce8PjUxZadH65uYCTbzQXmmsWBiQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200314-WA0003.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wvr-GDMp-5s/XmzwgoTeT0I/AAAAAAAAE2k/8zhn7Ce8PjUxZadH65uYCTbzQXmmsWBiQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200314-WA0003.jpg
Netizen Word
http://www.netizenword.com/2020/03/berbagai-amalan-ilmu-hikmah-di-kalangan.html
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/03/berbagai-amalan-ilmu-hikmah-di-kalangan.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy