--> DEWI SUKESI | Mengenal Tokoh Pewayangan | Netizen Word
🌐 NETIZEN WORD - Berbagi Untuk Anda || merupakan PlatForm digital, cocok untuk anda yang suka dan hobby menulis, Mendidik para generasi muda dalam pembuatan konten - konten positif || 🌐 Medsos : @netizenword (Fanspage/Fb, IG, YouTube)

DEWI SUKESI | Mengenal Tokoh Pewayangan

Dewi Sukesi adalah putri Prabu Sumali dari Kerajaan Alengka, yang memiliki kecantikan sangat luar biasa.  Padahal, Sumali berwujud raksasa. Wajah rupawan Sukesi menurun dari ibunya yang cantik, Dewi Danuwati - putri Kerajaan Mantili. Sedangkan adik Sukesi bernama Arya Sukesa, seorang satria tampan dan sakti.

Sukesi tumbuh menjadi perempuan cerdas yang gemar ilmu dan selalu haus - bahkan sangat maniak - dengan pengetahuan baru. Banyak para raja dan pangeran yang menjadi fans beratnya, dan ingin mempersuntingnya.  

Prabu Sumali sendiri juga resah, melihat putrinya seperti mengabaikan kodratnya sebagai perempuan - tidak tertarik dengan kaum pria. Padahal usianya sudah cukup untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Beberapa kali, Sumali mengajak berembug soal itu, tapi Sukesi selalu berkelit dan banyak alasan.  

Hingga akhirnya, Sumali hilang kesabarannya. “Bila kamu tidak segera menjatuhkan pilihan, maka ayah yang akan menentukan jodohmu,” kata Sumali.

Mendengar ini, Sukesi merasa terdesak dan khawatir bila pernyataan sabdo pandito ratu ayahnya sebagai seorang raja itu akan dilaksanakan. Padahal ketika itu, dia sedang sangat bernafsu mempelajari ilmu rahasia yang sangat sulit, yaitu Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.  

Berbulan-bulan, dia mencari guru-guru pandai, tapi tak ada yang memahami ilmu tersebut. Kini, kebuntuan membongkar ilmu Sastra Jendra, akan beroleh solusi - sekalian cara ini bisa digunakan untuk menahan keinginan sang ayah. Kalau ternyata ada orang yang mampu mengajarkannya dan membabar dengan jelas, dia bersedia menjadi istri orang tersebut.

Dewi Sukesi mengatakan kepada ayahnya, bahwa dia bersedia menikah dengan siapapun lelaki yang mampu membabar Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu. Prabu Sumali setengah kaget mendengar prasyarat yang diajukan, karena dia mengetahui bahwa ilmu itu adalah ilmu milik Bathara Guru, yang bersifat sangat rahasia dan terlarang untuk mahkluk mayapada.  

Namun kekhawatiran Sumali atas tekanan raja-raja tetangga yang ingin memperistri putrinya, lebih besar ketimbang bahudendho - hukuman - yang akan dijatuhkan dewa.  Sumali terpaksa menyetujui kehendak Dewi Sukesi.  

Dalam pikirannya, barangkali memang ada raja atau satria yang limpad - berlebih - ilmunya yang paham Sastra Jendra. Atau, kalau tiada satupun seseorang yang paham ilmu itu, langkah itu suatu alasan bagus untuk tidak menyulut perang dengan negara-negara lain.

Maka diumumkanlah sebuah sayembara di Negeri Alengka : "Barangsiapa yang bisa menjelaskan dengan gamblang ilmu tersebut, akan menjadi suami Dewi Sukesi." Maka selebaran, koran, majalah dan semua media mengabarkan sayembara itu.  Seantero Alengka - hingga negara-negara tetangga - heboh dengan sayembara itu.  Berbondong- bondong mereka mendaftar sebagai peserta. Tapi ternyata tidak ada satupun, raja atau satria yang paham ilmu itu.

Sementara itu, Ditya Kala Jambumangli, saudara sepupu Dewi Sukesi, yang juga seorang panglima perang Kerajaan Alengka, yang diam-diam sangat tergila-gila kepada sepupunya itu, mempunyai rencana sendiri. Dia menggelar pasukannya di perbatasan ibukota, untuk menahan siapapun yang bisa memenangkan sayembara itu. Jambumangli tidak merelakan ada orang lain memboyong puteri cantik itu.

Tidak terkira banyaknya satria dan raja yang gagal untuk bisa menjelaskan ilmu tersebut. Hingga ketika sayembara sudah berjalan beberapa lama dan akan ditutup, raja Alengka itu kedatangan tamu - yang juga seorang sahabat lama. Tamu itu adalah Begawan Wisrawa, pertapa dari Negeri Lokapala.  

Begawan Wisrawa datang ke Alengka, memang, dengan niat melamar putri itu, yang bakal diperuntukkan bagi anaknya, Prabu Danapati - yang menjadi raja di Kerajaan Lokapala.  Wisrawa disambut dengan ramah oleh sang raja.  Mereka bersahabat sejak muda - meskipun yang satu berwujud manusia tampan sedangkan satunya adalah raksasa bertubuh tinggi besar.

Begawan Wisrawa menyampaikan maksud kedatangannya, yaitu ingin ikut sayembara. Begawan Wisrawa sebagai mantan raja dan berpengetahuan luas, sangat menguasai ilmu tersebut.  

Namun ada satu halangan untuk mengajarkan ilmu tersebut. Ada larangan tidak tertulis dari dewa, bahwa siapapun dilarang  mengajarkan dan belajar ilmu  tersebut sebelum bersih lahir-batinnya. Jauh dari hawa nafsu, dan ahli tapa. Jadi baik guru atau murid harus dalam kondisi suci lahir batin. Apabila  wewaler itu dilanggar, guru beserta murid tersebut  akan celaka. Namun bila itu manusia-manusia suci bisa jadi akan menjadikannya sebagai dewa, atau tetap sebagai manusia namun telah tercerahkan menjadi manusia yang bijaksana sekaligus sakti tiada tanding. Suatu ilmu rahasia yang dahsyat yang sesungguhnya hanya dimiliki dewa-dewa level tinggi di Kahyangan saja.

Ilmu Sastra Jendra memang suatu ilmu kebatinan yang selalu sinengker - yang tidak boleh diketahui oleh sembarang orang. Paham ilmu tersebut, akan memahami rahasia alam semesta dan seluruh kehidupan di dalamnya.  

Wisrawa sadalah satu manusia yang pinilih, lebih ketimbang manusia lain, sehingga sangat memahami ilmu tersebut.  Karena takut kutukan dewa, Wisrawa membabar Sastra Jendra kepada Dewi Sukesi pada malam hari, agar tidak didengar oleh  mahkluk hidup lainnya, di tengah Taman Argasoka

Mendengar Wisrawa akan membabar ilmu itu kepada Dewi Sukesi, para dewa tidak berkenan. Pada saat itu, di Kahyangan Jonggringsaloka, Batara Guru memutuskan untuk turun sendiri ke Taman Argasoka, untuk menghalangi kegiatan itu.  Kepergiannya diikuti oleh permaisurinya, Dewi Uma. Mereka turun ke Taman Argasoka.  

Rupanya, pembabaran tengah berlangsung. Hampir dipastikan lokasi itu steril dari semua mahkluk hidup.  Namun rupanya ada yang diam-diam bersembunyi di dalam taman, di balik tembok. Dia adalah Sukesa, adik Sukesi yang penasaran ingin tahu ilmu itu. Tanpa disadarinya, karena tidak punya lambaran batin yang bersih, Sukesa terkena perbawa ilmu itu dan berubah wujud jadi seorang raksasa.  

Betapa kagetnya Sukesa. Tapi nasi telah menjadi bubur, sesal kemudian tiada guna. Raden Sukesa nantinya menjadi Patih Alengka bernama Prahasto - yang sakti mandraguna.

Batara Guru merasuk ke wadag Begawan Wisrawa, dan Batari Uma masuk ke tubuh Dewi Sukesi.  Dengan cara itu, kedua pasangan dewa-dewi itu merangsang nafsu birahi kedua insan yang sedang ajar-mengajar ilmu langit itu.  

Suasana sepi dan nyaman, membuat guru dan murid itu lengah. Wisrawa dan Sukesi yang sudah kesusupan Guru dan Uma, lupa akan niat dan kehormatan mereka. Yang ada hanya seorang lelaki dan wanita yang terlanda birahi berkobar-kobar.  

Berhari-hari kedua insan itu memadu kasih layaknya pengantin baru. Lupa akan tujuan awal mereka. Maka, Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu gagal diajarkan.

Akibat perbuatan itu,  Sukesi mengandung benih dari Wisrawa. Dengan demikian, Prabu Sumali yang menahan kemarahannya, terpaksa menikahkan Sukesi dengan sahabatnya itu. 

Perkawinan yang di luar perkiraan itu membuat marah dua orang penting dilingkungan mereka. Dari pihak Sukesi, saudara sepupunya yang sakti, Jambumangli, sangat marah dan ingin membunuh Wisrawa.  Dari pihak Wisrawa, anaknya sendiri - Prabu Danapati - sangat kecewa terhadap ayahnya.  Danapati merasa dikhianati oleh ayahnya.

Jambumangli kemudian menantang duel Wisrawa. Begawan yang gagal mengendalikan hawa nafsu itu, akhirnya, bertarung dengan Jambumangli.  

Wisrawa lebih unggul. Entah memang sudah tawar kependetaannya, Wisrawa demikian sadis memperlakukan lawannya yang kalah tanding. Tubuh Jambumangli dimutilasi.  

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Jambumangli mengutuk Wisrawa, bahwa nanti akan ada anaknya yang akan mengalami nasib seperti dirinya. Dalam kisah perang Prabu Rama dari Pancawati melawan Prabu Rahwana dari Alengka, Kumbakarna (anak Wisrawa dengan Sukesi) gugur dengan tubuh terpotong-potong.

Sedangkan Danapati segera menuju Alengka dengan membawa prajurit segelar sepapan dari Lokapala.  Niatnya menghukum ayahnya, dan juga Prabu Sumali yang merestui perkawinan itu. Ketika ayah dan anak itu bertemu di Alengka, keduanya berdebat panjang lebar. Danapati sangat menyalahkan ayahnya, sementara Wisrawa merasa tidak bersalah telah mengawini Sukesi.

Perang mulut itu akhirnya menjadi perang fisik. Keduanya bertanding adu kesaktian. Keduanya sama saktinya. Berhari-hari, tiada nampak yang bakal menang atau kalah. 

Pertikaian ini menimbulkan goro-goro dan mengguncang Kahyangan Suralaya. Sidang para dewa mengutus Batara Narada turun ke bumi, untuk melerai pertikaian bapak-anak yang menggetarkan alam semesta itu.  Dalam mediasi konflik itu, Narada mengatakan kepada Danapati, bahwa dalam kitab takdir manusia yang dimiliki para dewa, Sukesi memang sudah tinitah berjodoh dengan Wisrawa.Danapati akhirnya mau mengerti dan merelakan putri idamannya itu menjadi ibu tirinya.

Kini kedua pasangan baru itu hidup tentram di Alengka. Sedangkan kandungan Dewi Sukesi makin membesar, hingga tiba saatnya melahirkan. Sukesi sangat kesakitan ketika melahirkan anaknya.  

Rupanya, Sukesi melahirkan jabang bayi yang berupa seonggok daging besar yang bergerak-gerak hidup.  Ketika itu binatang hutan seperti singa, harimau, serigala,  dan kera serta lainnya, saling bersahut-sahutan mengeluarkan suara-suara yang terdengar sangat mengerikan. Seperti suara binatang bila terancam bahaya besar. Suara-suara binatang liar itu seperti penanda akan hadirnya sebuah maha bencana yang mengusik kedamaian dunia.

Dengan kesaktiannya, Wisrawa memanjatkan mantra sakti. Maka seonggok daging besar itu terbelah menjadi empat potongan, yang kemudian menjadi empat bayi. Bayi pertama yang bersuara sangat keras, berwajah raksasa, adalah Rahwana, atau nanti ketika menjadi raja bergelar Prabu Dasamuka.Dialah biang kerok angkara murka di dunia. Bayi ini penuh dengan lambang nafsu amarah, kejahatan, kekuasaan dan kesewenang-wenangan.  

Rahwana memiliki Aji Pancasona yang membuatnya tidak akan pernah bisa mati sepanjang wadagnya masih menyentuh bumi. Meskipun kepalanya terpenggal, bila potongan badan dan kepalanya menyentuh tanah, Rahwana akan hidup kembali.

Onggokan ke dua, menjadi bayi raksasa yang sangat besar. Penuh dengan nafsu aluamah, nafsu makan, tidur dan bermalas-malasan. Dia adalah Kumbakarna. Raksasa bertubuh seanakan gunung, yang suka makan-tidur,  namun sangat sakti.  

Nantinya Kumbakarna yang berhati mulia ini akan gugur dalam peperangan Ramayana, yang membuat tubuhunya dimutilasi oleh panah sakti Guwawijaya, milik Prabu Rama.  Nasib tragis Kumbakarna ini persis dengan kutukan Jambumangli yang dimutilasi oleh ayah Kumbakarna, yaitu Resi Wisrawa.

Onggokan ke tiga, menjadi bayi perempuan yang juga berwujud raksasa. Diberi nama Sarpakenaka – sebagai lambang nafsu sufiah, nafsu birahi dan berfoya-foya.  Sarpakenaka, dikenal senang berganti-ganti pasangan, dan senang menghambur-hamburkan kekayaannya.  Bersenjatakan kuku panjang di tangannya, bisa dikatakan tiada satria di Alengka yang bisa mengalahkannya.

Onggokan daging ke empat, menjadi bayi laki yang sangat tampan, diberi nama Gunawan Wibisana, yang artinya kebijaksanaan.  Dia melambangkan  nafsu mutmainah, selalu cenderung mencari kebaikan dan kebenaran.  

Karena sering mengingatkan kakaknya, Prabu Dasamuka, untuk tidak melakukan angkara murka, Wibisana diusir dari Alengka.  

Satria ini justru menyeberang ke pihak musuh dan bergabung dengan Prabu Ramawijaya. Dia menjadi penasehat perang yang mumpuni. Di bawah nasehatnya, kejahatan yang berpusat di Alengka bisa ditumpas habis. (**)




***


👁️‍🗨️ Dibaca :


📊 Post Terbaru Lainnya...$type=carousel



💫 Info RAMADHAN$type=carousel

🧿 S O R O T A N$type=carousel

⚖️ HUKUM$type=carousel


Nama

1 Abad PSHT,1,501,1,Aceh,1,AHY,3,Air Bersih,1,Air Terjun Coban Drajat,1,AJI,1,AMSI,1,Andi Raya,1,Angkung,1,Anies Baswedan,1,APDI,1,Artikel,63,Bakesbang,1,Baksos,65,Bali,20,Balikpapan,1,Balon Laka - Lantas,3,Balon Lebaran,3,Balon Udara,17,Bandung,3,Bangkalan,21,Bangkinang,1,Banjarmasin,1,Banjir,17,Bansos,17,Banten,3,Banyumas,1,Banyuwangi,47,Batik,1,Batu,1,Batu Aquamarine,1,Batu Pirus,1,Bawaslu,11,Baznas,3,BBM,1,Bedah Rumah,5,Bekasi,2,BEM,2,Bendungan Bendo,1,Berbagi,2,Berdirinya Madiun,1,Berit,1,Berita,449,Bhayangkari,34,Binrohtal,1,Bitung,1,Blitar,28,Blora,3,BLT DD,1,BNPT,1,Bojonegoro,35,Bondowoso,41,Boyolali,1,BPD,2,Bpjs,1,BPN,6,BPS,1,BPSDM,1,Brebes,2,Brimob,7,Buah Matoa,1,Budaya,20,Bukit Cumbri,1,Bukit Soeharto,1,Bullying,4,Burung Langka,1,Cegah Covid-19,141,Cerita Bermakna,21,Cirebon,3,Cooling System,34,CPNS,1,Cuaca,18,Curanmor,1,Daerah,7,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,DAMRI,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,DBD,2,Dekopin,1,Demak,3,Denpasar,1,Depok,1,Desa Bancar,6,Desa Bersinar,1,Desa Bogem,1,Desa Bogoarum,1,Desa Carangrejo,1,Desa Geplak,1,Desa Ginuk,1,Desa Gondowido,1,Desa Jatigembol,1,Desa Karangpatihan,1,Desa Kertobanyon,1,Desa Koripan,1,Desa Kranggan,1,Desa Manuk,1,Desa Membangun,1,Desa Nongkodono,1,Desa Pager,1,Desa Purwosari,1,Desa Turi,1,Desa Wayang,1,Dewan,64,Dewan Pers,5,Dewi Srikandhi,1,Dinas Perkim,1,Dompet Dhuafa,1,Donor Darah,4,DPC Partai Perindo Madiun Kota,1,DPD RI,1,DPR RI,5,DPRD,12,DPRD Kota Madiun,2,DPRD Ponorogo,7,Drumband,1,Dunia Spiritual,7,Duta Lalu Lintas,1,Ekonomi,55,Elektronik,1,Erupsi Semeru,9,Fenomena Alam,7,FLS2N,1,G20,2,Ganjar Pranowo,1,Gas Elpiji,2,Giat,310,Gontor Ponorogo,1,GPDRR,1,Grebeg Mulud,1,Grebeg Suro,7,Gresik,49,H. Ipong Muchlissoni,4,H. Muhtarom S.Sos,1,Hardiknas,1,Hari Amal Bhakti Kemenag,1,Hari Anak Nasional,1,Hari Bhayangkara,24,Hari Bumi,1,Hari Buruh,5,Hari Gizi Nasional,1,Hari Ibu,1,Hari Ikan Nasional,1,Hari Nusantara,1,Hari Santri,2,Hari Tari Sedunia,1,Hari Valentine,1,Harkopnas,1,Harlah Pancasila,2,Hj. Sri Wahyuni,5,HKN,2,Hoegeng Award,1,HPN 2020,1,HPN 2023,1,HPN 2024,7,HSN,1,Hukum,10,HUT RI,3,IKN,3,IKS PI,1,Imlek,1,IMO,7,Imunisasi,2,INCAR,1,Inda Raya,20,Info kesehatan,24,Intan Jaya,52,IPHI,1,IPSI,1,Iptek,20,IPW,1,Jajanan Daerah,4,Jakarta,76,Jambi,1,jate,1,Jateng,3,Jatim,223,Javanese Spiritual,12,Jawa Barat,2,Jawa Tengah,5,Jayapura,5,Jejak Spiritual,11,Jemaah Haji,2,Jember,48,JLS,2,Jombang,22,JTI,1,Jum'at Berkah,2,Jum'at Bersih,3,Jum'at Curhat,58,Kabar-kabari,3,Kabupaten Lengkap,1,Kabupaten ODF,1,Kahupaten Prnajam Paser,1,KAI Daop 7 Madiun,1,Kajari,1,Kalimantan Barat,1,KalTim,3,Kampar,1,Kampung KB,1,Kampung Kertoembo,1,Kampung Pancasila,1,Kampung Tangguh Semeru,5,Kamtibmas,129,Kantor Imigrasi Ponorogo,1,Kapolri,227,Karanganyar,1,Kasus,557,KDRT,1,Keamanan,20,Kebakaran,7,Kebangsaan,1,Kebersihan,6,Kec. Sampung,1,Kecamatan Bungkal,3,Kecamatan Kegunggalar,1,Kecamatan Pulung,1,Kecamatan Siman,1,Kecamatan Sukomoro,1,Kediri,25,Kediri Kota,17,Kekeringan,10,Kemenhan,1,Kependudukan,1,Kereta Api,1,Keris,11,Kesehatan,42,KI Award,1,Kinemaster,1,Kirab Merah Putih,2,KJJT,1,KKD,2,Knalpot Brong,3,Kodim 0802/Ponorogo,158,Kodim 0803/Madiun,1,Kodim 0804/Magetan,4,Kominfo,10,Kompolnas RI,5,Konawe Sulawesi Tenggara,1,Kopwan,2,KOSTI,1,Kota Blitar,5,Kota Kreatif Dunia,1,Kota Magelang,2,Kota Semarang,2,Kota Tegal,1,KOTEKA,1,KPPS,5,KPU,34,KSPPS BMT Halaqoh,1,KTT ASEAN,10,Kue Klepon,1,Kuliner,14,Kunker,1,KWP,1,Labuan Bajo,5,Laka - Lantas,15,Lamongan,34,Landak,1,Lanny Jaya,1,Lasmini,1,LAZISNU,3,Lebanon,15,Lebaran 2022,8,Lebaran 2023,15,Lebaran 2024,26,Lemhannas RI,1,Literasi Digital,5,Lumajang,35,Madiun,80,Madiun Kota,71,Magetan,83,Mahfud MD,2,MAHUPIKI,3,Makan Gratis,1,Makasar,1,Malang,61,Malang Kota,64,Maluku,1,Manokwari Selatan,1,Masjid Kuncen,1,Media Siber,1,Medsos,1,Merauke,1,Miras,5,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Mojokerto,48,Mojokerto Kota,27,Monumen Reog Ponorogo,1,Mudik 2022,7,Mudik 2023,34,Mudik 2024,9,MUI,2,Musdes,2,Museum Mpu Tantular,1,Museum Reog,1,Narkoba,83,Nasional,5,Natal,10,Nataru,12,Nawacita,2,Netizen Jatim,1,Nganjuk,25,Ngawi,36,NTB,2,NTT,3,NU,3,OKK,1,Olah raga,46,OMB,4,Ombudsman,1,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,7,Ops Aman Suro,1,Ops Ketupat,19,Ops Lilin,20,Ops Pekat,2,Ops Semeru,22,Ops Yustisi,20,Orang Meninggal,26,Outomotif,1,Pacitan,14,Palembang,1,Pamekasan,21,Pangan,29,Papua,49,Papua Barat,2,Papua Tengah,41,Partai Demokrat,1,Partai Gelora,1,Partai Gerindra,3,Partai Golkar,2,Partai NasDem,5,Partai PKB,1,Pasuruan,34,Pasuruan Kota,6,Pati,2,Pawitandirogo,1,PBB,1,PBVSI,1,PCC,1,PDI Perjuangan,2,Pegunungan Bintang,2,Pekanbaru,7,Pembangunan,33,Pemerintahan,12,Pemilu 2024,83,Pendidikan,86,Penemuan,8,Penghijauan,6,Penghijuan,1,PEPABRI,1,Perang Sarung,4,Peristiwa,228,Perlombaan,1,Pertanian,32,Perwosi,1,Pesilat Cilik,1,Pesona Indonesiaku,30,Petasan,15,Photo News,1,Pilkada,16,Pilkades,18,Pilsek Nawangan,1,Pisang Goreng,1,PKK Akademia,1,PKS Ponorogo,1,Platform Digital,3,PMII,3,PNS,1,Pokdarwis,1,Polda Banten,1,Polda Jateng,39,Polda Jatim,476,Polda NTB,1,Polda Sumbar,2,Polda Sumut,2,Polio,1,Polisi RW,23,Politeknik Negeri Madiun,1,Politik,2,Polres,185,Polres Balitung,1,Polres Bangkalan,36,Polres Banyuwangi,41,Polres Batu,55,Polres Blitar,15,Polres Blitar Kota,16,Polres Bojonegoro,30,Polres Bondowoso,40,Polres Gresik,22,Polres Jember,66,Polres Jombang,20,Polres Kampar,1,Polres Kediri,18,Polres Kediri Kota,44,Polres Kendal,1,Polres Kota Probolinggo,9,Polres Lamongan,31,Polres Landak,47,Polres Lumajang,31,Polres Madiun,24,Polres Madiun Kota,98,Polres Magetan,128,Polres Malang,92,Polres malang Kota,86,Polres Mojokerto,29,Polres Mojokerto Kota,17,Polres Nganjuk,31,Polres Ngawi,139,Polres Pacitan,21,Polres Pamekasan,28,Polres Pasuruan,21,Polres Pasuruan Kota,14,Polres Pekalongan,2,Polres Pekanbaru,1,Polres Ponorogo,678,Polres Probolinggo,43,Polres Puncak Jaya,61,Polres Purbalingga,1,Polres Salatiga,1,Polres Sampang,14,Polres Sidoarjo,13,Polres Situbondo,66,Polres Sragen,1,Polres Sukorejo,2,Polres Sumenep,20,Polres Tanjung Perak,42,Polres Tegal,1,Polres Torut,1,Polres Trenggalek,22,Polres Tuban,30,Polres Tulungagung,61,Polres Wonogiri,1,Polresta,2,Polresta Banyumas,6,Polresta Banyuwangi,5,Polresta Sidoarjo,28,Polrestabes Surabaya,75,Polri,641,Polsej Padas,1,Polsek Air Besar,76,Polsek Babadan,16,Polsek Badegan,20,Polsek Balong,20,Polsek Bungkal,6,Polsek Jambon,10,Polsek Jenangan,10,Polsek Jetis,2,Polsek Jiwan,2,Polsek Jogorogo,3,Polsek Karangjati,2,Polsek Kartoharjo,2,Polsek Kauman,2,Polsek Kedunggalar,3,Polsek Mlarak,24,Polsek Ngebel,9,Polsek Ngerambe,1,Polsek Ngrambe,11,Polsek Ngrayun,26,Polsek Padas,1,Polsek Pangkur,1,Polsek Paron,4,Polsek Pitu,1,Polsek Plaosan,1,Polsek Ponorogo,22,Polsek Pudak,7,Polsek Pulung,44,Polsek Sambit,6,Polsek Sampung,6,Polsek Sawahan,1,Polsek Sawoo,7,Polsek Siman,23,Polsek Sine,4,Polsek Slahung,21,Polsek Sooko,36,Polsek Sukorejo,63,Polsek Sumoroto,18,Polsek Taman,1,Polsek Tandes,1,Polsek Widodaren,2,Polwan,30,Ponorogo,376,Ponorogo Creative Festival,1,Ponpes Temboro,1,Porprov Jatim,1,PP Muhammadiyah,1,PPDB,1,PPK,1,PPWI,1,Prabowo - Gibran,4,Prabowo Subianto,3,Pramuka,1,Presiden Joko Widodo,11,Prestasi,63,Probolinggo,71,Probolinggo Kota,10,Program PTSL,11,PSHT,13,PSHT Pusat Madiun,2,PSHW-TM,2,PSSI,1,PT INKA,4,PTDH,1,Publik,23,Puncak Jaya,538,Pungli,1,Purbalingga,2,PWI,4,PWO Dwipa,1,Ramadhan,90,Rekor MURI,2,Release Akhir Tahun,2,Religi,31,Reog,12,Reog Singo Gemoeling,1,Resnarkoba,3,Reyog,3,Riau,7,Road Race,1,RS Darmayu,1,RS Dr. Sayidiman,1,RSPPN,1,RSUD Dr Harjono,1,RSUD dr Sayidiman,3,Rutan Ponorogo,3,S.Pd,1,S.Sos,1,Sabang,1,Samarinda,1,Sampang,20,Satlantas,68,Satpol PP,4,SBMR,1,Sejarah,154,Semarang,7,Sertijab,5,Service,1,Shalawat Asyghil,1,Sidoarjo,31,Simalungun,1,Sinergitas,1,Situbondo,17,SMK PGRI 1 Wlingi,1,SMK Yosonegoro,1,SMKN 1 Magetan,1,SMKN 2 Ponorogo,1,Sosial,55,SPBE,2,Srambang Park,2,Stunting,2,Sugiri Sancoko,10,Sukabumi,1,Sulsel,1,Sumatera Selatan,1,Sumatera Utara,3,Sumenep,19,Sunarto,1,Supriyanto,2,Surabaya,158,Surakarta,7,Suran Agung,1,Tanah Longsor,1,Tanaman Bermanfaat,32,Tari Massal,1,Tasikmalaya,1,TBC,1,Telaga Ngebel,5,Telaga Sarangan,1,TIK,1,Timika,12,Tingginambut,6,Tips Bermanfaat,7,Titik Nol,2,TK Kartika IV-20 Ponorogo,1,TMMD,5,TNI,275,Tokoh,43,TP PKK,18,TPPO,15,Tradisi,11,Transportasi,1,treng,1,Trenggalek,24,Tuban,6,Tulungagung,34,U-17,9,UCCN,1,UMKM,10,UMM,1,Umum,10,UNESCO,7,Unibraw,1,Universitas Muhammadiyah,1,Utama,3,Vaksinasi,123,Verawaty Thaib SIK,1,Virus Corona,20,Waduk Bendo,1,Wanaartha Life,1,Wayang,7,Wingko,1,Wisata,6,Wisata Daerah,77,Wisata Ponorogo,7,Wisata Religi,19,WTP,2,Yahukimo,8,Yogyakarta,3,Zona Integritas,1,
ltr
item
Netizen Word: DEWI SUKESI | Mengenal Tokoh Pewayangan
DEWI SUKESI | Mengenal Tokoh Pewayangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4u-Zwe23jImR23sXQzQcMGqcOsTuc7g9VDmMp0zgCu1p_hEIk6RU-HI1zq0ahDEvc513fUUP9OB3kabDz-SGKffzz9LGmOPCEM1riFzetuw09YieO2Lh1U9SD4kae9l3x0bpKe3_AM8G8/s320/IMG-20210922-WA0001.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4u-Zwe23jImR23sXQzQcMGqcOsTuc7g9VDmMp0zgCu1p_hEIk6RU-HI1zq0ahDEvc513fUUP9OB3kabDz-SGKffzz9LGmOPCEM1riFzetuw09YieO2Lh1U9SD4kae9l3x0bpKe3_AM8G8/s72-c/IMG-20210922-WA0001.jpg
Netizen Word
https://www.netizenword.com/2021/09/dewi-sukesi-mengenal-tokoh-pewayangan.html
https://www.netizenword.com/
https://www.netizenword.com/
https://www.netizenword.com/2021/09/dewi-sukesi-mengenal-tokoh-pewayangan.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy