Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional

Penemuan Batu Susun Mirip Candi di Kec. Kawali Ciamis

Temuan Susunan Batu Mirip candi (foto Netizen : Agus Gordyn).

Ciamis - Keberadaan batu susun di tatar galuh Ciamis, belakangan ini viral. Sebenarnya batu susun yang mirip candi tersebut sudah diketahui sejak lama, akan tetapi baru ramai dibicarakan  setelah ada yang mengunggah di media sosial.

Pantauan di lapangan, lokasi batu susun sendiri berada perbatasan antara Desa Selasari, Kecamatan Kawali dengan Blok Rompe, Desa  Sukaraharja, Kecamatan Lumbung. Sejak muncul di medsos, tempat yang sebelumnya sepi, sejak beberapa hari ini ramai.

Banyak warga dari luar daerah yang penarsaran dengan batu susun yang apabila dilihat mirip struktur bangunan.  Untuk mencapai batu susun, juga bukan hal mudah, karena harus meniti jalan setapak sekira dua kilometer. Selain harus meniti pematang sawah, juga menyeberangi sungai kecil yang airnya dingin. Lokasinya juga jauh dari permukiman warga.

Dari jauh formasi batu susun mulai terlihat bentuknya seperti bangunan candi.  Pohon kiara berukuran besar serta beberapa pohon lain tumbuh persis di atas batu susun, hingga mengesankan, suasana penuh misteri.  Ketika lebih dekat,  jelas batu yang bersusun tersebut berada di bawah bukit, di sisi persawahan warga.

foto, fb : Agus Gordyn
Beberapa bagian yang tampak mirip gerbang dengan tinggi  sekira dua meter. Selain itu juga batu susun yang diduga bagian dari pilar yang kokoh. Semakin meyakinkan lagi, ketika bagian sisi batu susun tersebut tidak lancip. Kondisinya tampak sudah terkikis.

"Sebenarnya batu susun itu sudah dietahui sejak lama, dari dulu warga sini sudah tahu keberadaan batu susun, akan tetapi jarang yang mengunjungi. Setelah viral, di medsos, baru banyak mendapat perhatian," tutur Agus Awing (30), warga Sukasari yang pertama mengupload  batu susun hingga virall, Minggu 19 Januari 2020.

Dia mengungkapkan sejak kecil juga sudah bermaian di sekitar aliran sungai kecil tidak jauh dari batu susun. Perasaannya mulai tergerak usai ikut kerjabakti membersihkan aliran Sungai Selamanya  tidak jauh dari lokasi batu susun pada akhir tahun 2019.

"Saya suka hal yang berkaitan dengan sejarah . Saya kemudian memulai video dan mengupload di medsos. Saya juga melapor ke Dinas budaya, Pemuda dan Olahraga Ciamis. Tujuannya agar tidak dirusak, dicorat-caret, perlu penelitian,."ungkapnya.

Cawing mengatakan pernah mendengar cerita tentang masa lalu lokasi batu susun ini merupakan tempat seserahan calon pengantin. Keberadaan batu susun berkait dengan batu kuda yang dikatakan tidak jauh dari lokasi tersebut.

Ternyata unggahan yang viral tersebut langsung mendapat respons dari Disbudpora Ciamis. Tim yang dipimpin Kadisbudpora Erwan langsung mendatangi lokasi batu susun. Setelah melihat Lingkungan serta kondisinya, mereka menempelkan tulisan Disbudpora Kab. Ciamis, 16 Januari 2020.

Dalam kesempatan tersebut Erwan meminta agar Balai Arkeologi Bandung serta Balai Pelestarian Cagar Budaya agar melakukan penilaian lebih lanjut untuk memastikan apakah batu bersusun tersebut memiliki nilai hitrois, peninggalan sejarah atau bukan.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana yang meminta agar Disbudpora Ciamis menindaklanjuti dengan batu susun yang viral. Untuk memastikan batu susun, harus dilakukan penelitian arkeologi . Pada hari Sabtu 18 Januari 2020 Nanang juga langsung melihat batu susun.

"Untuk memastikan apakah batu susun tersbeut peninggalan sejarah atau batu alam biasa, tetap harus melalui penelitian atau kajian ilmiah oleh tim arkeologi . Jika dilihat memang strukturnya mirip candi, ini perlu segera dibedah karena untuk menentukan langkah kedepan," tutur Nanang Permana.(*)




Sumber : Pikiranrakyat. Com

Jejak Spiritual$type=complex$count=4

Name

Artikel,62,Baksos,17,Balon Laka - Lantas,2,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Bangkalan,1,Berita,276,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,1,Cegah Covid-19,135,Cerita Bermakna,20,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Dewan,26,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,36,Fenomena Alam,7,Giat,311,Gresik,25,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,48,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,50,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kodim 0802/Ponorogo,2,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Lalu Lintas,2,Madiun,48,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Narkoba,10,Olah raga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,13,Outomotif,1,Pacitan,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pendidikan,9,Penemuan,5,Peristiwa,62,Pertanian,8,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,17,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,8,Polres,139,Polri,324,Polsek Siman,1,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,1,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,296,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,24,Puncak Jaya,69,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satpol PP,3,Sejarah,136,Sugiri Sancoko,1,Sumenep,1,Tanaman Bermanfaat,29,Tips Bermanfaat,8,TNI,72,Tokoh,42,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Virus Corona,20,Wayang,7,Wisata Daerah,48,Wisata Religi,16,
ltr
item
Netizen Word: Penemuan Batu Susun Mirip Candi di Kec. Kawali Ciamis
Penemuan Batu Susun Mirip Candi di Kec. Kawali Ciamis
Lokasi batu susun sendiri berada Perbatasan antara Desa Selasari, Kecamatan Kawali Ciamis dengan Blok Rompe, Desa Sukaraharja, Kecamatan Lumbung.
https://1.bp.blogspot.com/-P9CSVk1S0BM/XjTzxLPezEI/AAAAAAAAEVM/KghAMlZ1kEIMZ7NXhsL-kcc8B0D9jLUUQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200201-WA0033.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P9CSVk1S0BM/XjTzxLPezEI/AAAAAAAAEVM/KghAMlZ1kEIMZ7NXhsL-kcc8B0D9jLUUQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200201-WA0033.jpg
Netizen Word
https://www.netizenword.com/2020/01/penemuan-batu-susun-mirip-candi-di-kec.html
https://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/01/penemuan-batu-susun-mirip-candi-di-kec.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy