Portal News - NETIZENWORD.com. Berbagi informasi, tentang : sejarah, budaya, spiritual, wisata daerah, peristiwa dan informasi publik, berkontribusi sebagai Media Warga, untuk memberikan informasi dari berbagai peristiwa, kegiatan, baik daerah maupun nasional

Riwayat dan Asal Usul Sunat / Khitan

Relief di Italia, memperlihatkan praktek sunat pada anak kecil.

Asal - usul Sunat, Ada banyak teori soal akar praktik sunat pada laki-laki. Ada pendapat jika sunat lahir dari kebudayaan Mesir Kuno. Namun, teori terbaru menyebutkan sunat dari kebudayaan Arab selatan dan sebagian Afrika.

Selama ribuah tahun, menurut Asal Kuno , sunat paling sering digunakan sebagai ritual keagamaan, ritual kedewasaan, dan sebagai hukuman pada masa perang.

D. Doyle hearts "Ritual Pria Circumcicion: Sejarah Singkat"  terbit hearts  The Journal of Royal College of Physicians of Edinburgh menjelaskan,  sunat Telah dipraktikkan di beberapa Bagian Afrika  seperti Mesir ,  kepulauan di Laut Selatan, Australia Oleh suku Aborigin, Dan Oleh suku Inca, Aztec, Maya, juga orang-orang Yudaisme, dan Islam.

Sunat di Mesir dan Israel

Telah diakui banyak orang kalau negeri para Firaun adalah pelopor tradisi sunat. Referensi paling awal pertanyaan sunat dari 2.400 SM. Itu terlacak lewat bantuan di tanah pemakaman kuno Saqqara yang dikumpulkan pemantauan medis, termasuk pisau sunat.

Di Mesir Kuno, praktik ini  dilakukan pada remaja pria yang akan diinisiasi  menjadi  pria dewasa dari kelas bangsawan. "S unat Mesir mungkin juga digunakan untuk kelas elit khusus ," tulis laman  Kuno .

Namun, menurut perkiraan Doyle, orang Mesir menggunakan sunat dari masa yang lebih awal, dari orang-orang yang tinggal di wilayah yang lebih jauh ke selatan, yang sekarang memasuki wilayah Sudan dan Ethiopia.

Orang-orang selatan itu, secara genetik terkait dengan bangsa Sumerian dan Semit. Mereka menurut para antropolog berasal dari Semenanjung Arab dan telah melakukan kontak rutin, seperti berdagang atau bertempur dengan orang Mesir.

Sementara itu, bagi tetangga mereka, orang Yunani, tradisi sunat ini dipandang aneh. Pada abad mendatang, Herodotus mengemukakan pendapatnya lewat sebuah karya Sejarah Herodotus . "Mereka (orangutan Mesir,merah.) Mempraktikkan sunat demi kebersihan, menganggap Lebih Baik Bersih daripada cantik," tulis Laman  LiveScience .

Sementara di Israel kuno, sunat memiliki fungsi dan proses yang agak berbeda. Sunat  merupakan  penanda yang menunjukkan bahwa mereka adalah bagian dari bangsa Israel.

Bagaimana orang Yahudi modern, sunat biasanya dilakukan pada bayi, kebebasan hari setelah lahir.  Kendati praktik itu bisa juga dilakukan pada orang dewasa, jika diperlukan. Mereka biasanya orang yang bukan Israel tetapi kemudian memutuskan ingin masuk ke komunitas Yahudi.

"Salah satu cara yang membedakan agama Kristen dari Yudaisme adalah orang Kristen non-Yahudi tidak perlu disunat,"  jelas  Asal Kuno.

Sunat di Budaya Afrika Lainnya

Mesir bukan satu-satunya budaya Afrika yang mempraktikkan sunat. Sunat umum di kalangan masyarakat Afrika timur. Terkait di Mesir Kuno, b iasanya sunat  terkait ritus peralihan ke dewasa. Laki-laki muda dari suku Xhosa dan Zulu tradisional ritual sunat yang rumit, di mana tubuh mereka akan dicat dengan kapur sebelum di sunat. M  ereka akan diisolasi dari komunitas selama beberapa minggu. M ereka tak boleh dibatasi dengan perempuan.

Setelah disunat, mereka akan meninggalkan kulit khitan yang terpotong di hutan sebagai simbol meninggalkan kehidupan masa kecil untuk menjadi laki-laki ,  dan kemudian mencuci kapur di sungai.

"Sunat masih dilakukan secara teratur oleh pengusung budaya   ini, tetapi biasanya di rumah sakit bukan dengan cara tradisional ," tulis  Asal Kuno.

Sunat di Kawasan Oseania

Sunat secara historis tidak hanya di Afrika dan Timur Tengah. Praktik semacam ini juga dilakukan di Oceania dan Australia oleh suku Aborigin. Mereka menggunakan kerang laut sebagai alat  pemotongnya.  Orang yang menarik agar  menghadap  ke atas. Dia berbaring di punggung seorang pria yang berlutut. Lengan  dan Dimensi Dipegangi Pria Lain

Untuk menghentikan pendarahan, menurut Doyle, mereka berjongkok atau berdiri di atas secepatnya dari api yang disetujui dengan daun kayu putih selama beberapa jam. "Ada yang bilang, darah yang menetes ke dalam api adalah simbol simpati bagi perempuan yang memakai menstruasi," jelasnya.

Di  Oceania dan Australia, sunat  adalah ritual peralihan ke dewasa sekaligus ujian kekayaan.

Masa perang

Bukan hanya sebagai ritual menuju dewasa dan alasan agama, sunat juga digunakan untuk  menghukum tentara musuh. Beberapa kasus terjadi  di  Timur Tengah, Afrika timur, dan Asia Selatan.

WD Dunsmuir dan EM Gordon dari Departemen Urologi St. George's Hospital Rumah Sakit NHS Trust  dalam  "The History of Sunat" yang diterbitkan di  Journal BJU International yang  berjudul sunat dan juga mempromosikan sebagai tanda kekotoran atau perbudakan. Di Mesir Kuno misalnya, prajurit yang diambil sering dimutilasi sebelum dijadikan budak.

Namun, sunat dulunya merupakan kebiasaan yang langka. Sebagian besar budaya di luar Afrika, Timur Tengah, dan Oseania, semula tidak mempraktikkannya.

Namun, praktik di budaya mereka nyatanya  berpengaruh signifikan pada peradaban, karena salah satu pilar peradaban barat, Israel Kuno, dilakukan.

Sunat masih berlanjut hingga sekarang. Menurut  Kuno Asal , sepertiga  dari pria di seluruh dunia disunat, trutama di antara Muslim dan Yahudi, karena alasan agama. Di luar itu, sunat tersebar luas di Amerika Serikat dengan alasan kesehatan. Namun, banyak organisasi medis utama dunia tidak setuju ada Manfaat yang signifikan dari sunat.

Sunat menjadi kontroversi karena membatalkan informasi cara pembedahan dan membatalkan Hak Asasi Manusia.(*)





_______________
sejarah dunia

Jejak Spiritual$type=complex$count=4

Name

Artikel,62,Baksos,17,Balon Laka - Lantas,2,Balon Lebaran,2,Balon Udara,4,Bangkalan,1,Berita,276,Bhayangkari,8,BPD,1,Budaya,1,Cegah Covid-19,135,Cerita Bermakna,20,Cirebon,2,CPNS,1,Cuaca,12,Daftar Raja - Raja Majapahit,1,Dana Desa 2020,3,Dana Desa 2021,1,Daya Spiritual,5,Demak,1,Dewan,26,DPRD,1,Dunia Spiritual,6,Ekonomi,36,Fenomena Alam,7,Giat,311,Gresik,25,Info kesehatan,23,Iptek,8,Jatim,48,Javanese Spiritual,12,Jejak Spiritual,11,Jember,1,Kabar-kabari,3,Kabupaten ODF,1,Kampung Tangguh Semeru,4,Kasus,50,Kebakaran,1,Kebangsaan,1,Keris,9,Kesehatan,3,Kodim 0802/Ponorogo,2,Kuliner,9,Kunker,1,Laka - Lantas,14,Lalu Lintas,2,Madiun,48,Magetan,4,Mitos - Mistik,12,Mobil Covid Hunter,1,Narkoba,10,Olah raga,3,Operasi Patuh,1,Operasi Zebra,1,Ops Yustisi,3,Orang Meninggal,13,Outomotif,1,Pacitan,1,Pekanbaru,5,Pembangunan,8,Pendidikan,9,Penemuan,5,Peristiwa,62,Pertanian,8,Pesona Indonesiaku,30,Photo News,1,Pilkada,17,PKS Ponorogo,1,Polda Jatim,8,Polres,139,Polri,324,Polsek Siman,1,Polsek Slahung,1,Polsek Sooko,1,Polsek Sukorejo,2,Ponorogo,296,Program PTSL,1,PSHT Pusat Madiun,1,Publik,24,Puncak Jaya,69,Religi,13,Reyog,1,Riau,3,Satpol PP,3,Sejarah,136,Sugiri Sancoko,1,Sumenep,1,Tanaman Bermanfaat,29,Tips Bermanfaat,8,TNI,72,Tokoh,42,TP PKK,13,Tradisi,8,Trenggalek,2,Umum,10,Virus Corona,20,Wayang,7,Wisata Daerah,48,Wisata Religi,16,
ltr
item
Netizen Word: Riwayat dan Asal Usul Sunat / Khitan
Riwayat dan Asal Usul Sunat / Khitan
https://1.bp.blogspot.com/-JSTeZKFPlLo/XoycGFZV81I/AAAAAAAAFQ0/Wr-F_Hy9pPcp8AIMz5H-s0e-AuTcYDAQACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200407-WA0041.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JSTeZKFPlLo/XoycGFZV81I/AAAAAAAAFQ0/Wr-F_Hy9pPcp8AIMz5H-s0e-AuTcYDAQACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200407-WA0041.jpg
Netizen Word
http://www.netizenword.com/2020/04/riwayat-dan-asal-usul-sunat-khitan.html
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/
http://www.netizenword.com/2020/04/riwayat-dan-asal-usul-sunat-khitan.html
true
1914908294925827969
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy